Dukungan untuk Juliana Waromi Jadi Pj Gubernur Papua Terus Mengalir

Pengurus Wilayah SAPMA Pemuda Pancasila Provinsi Papua memberikan dukungan kepada Dr Juliana J Waormi, SE, MSi untuk menjadi Pj Gubernur Papua.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Dukungan terhadap Dr Juliana J Waromi, SE, MSi untuk menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Papua terus mengalir dari berbagai kalangan di Papua. Kali ini, dukungan itu datang dari Pengurus Wilayah Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila Provinsi Papua.

Ketua Pengurus Wilayah SAPMA Pemuda Pancasila Provinsi Papua, Amos Wanggai menilai jika Juliana Waromi yang kini menjabat Sekretaris DPR Papua itu, layak untuk menjadi Pj Gubernur Papua, setelah berakhirnya masa bhakti Gubernur Papua Lukas Enembe pada September 2023.

Untuk itu, PW SAPMA Pemuda Pancasila Provinsi Papua meminta kepada Presiden RI Ir Joko Widodo untuk menunjuk dan melantik Juliana Waromi menjadi Pj Guberur Papua.

“Kami meminta bapak Presiden Jokowi menunjuk ibu Juliana Waromi menjadi Pj Gubernur Papua. Berikan kesempatan kepada perempuan asli Tabi – Saireri ini untuk memimpin di negerinya sendiri. Sebab, kita lihat ada di Provinsi Papua Tengah, ada ibu Ribka Haluk yang menjadi Pj Gubernur. Kami berharap pemerintah pusat memberikan kesempatan kepada Ibu Dr Juliana Waromi menjadi pemimpin,” kata Ketua PW SAPMA Pemuda Pancasila Provinsi Papua, Amos Wanggai didampingi pengurus dalam pers conference, Selasa, 15 Agustus 2023.

Pihaknya mengapresiasi DPR Papua yang telah mengusulkan dan menyerahkan tiga nama calon Pj Gubernur Papua kepada Mendagri melalui Dirjen Otda Kemendagri, Akmal Malik, 9 Agustus 2023. Ketiga calon Pj Gubernur Papua itu, diantaranya Anthonius M Ayorbaba, SH, MSi (Kepala Kanwil Kemenkum HAM Papua), Dr Juliana J Waromi, SE, MSi (Sekretaris DPR Papua) dan M Ridwan Rumasukun (Plh Gubernur Papua).

“Kami SAPMA Pemua Pancasila Provinsi Papua mendukung ibu Dr Juliana Waromi untuk menjadi Pj Gubernur Papua,” ujarnya.

Amos mengungkapkan alasan SAPMA Pemuda Pancasila Provinsi Papua mendukung Juliana Waromi menjadi Pj Gubernur Papua, lantaran sudah waktunya perempuan Papua untuk menjadi pemimpin di daerahnya sendiri yakni menjadi Pj Gubernur Papua.

“Pada kesempatan ini, kita berikan kesempatan kepada perempuan untuk menjadi Pj Gubernur Papua. Affirmasi action kebijakan negara untuk orang Papua ini, tepat jika menunjuk Ibu Dr Juliana Waromi menjadi Pj Gubernur dalam menjalankan pemerintahan,” jelasnya.

Apalagi, lanjut Amos, Juliana Waromi merupakan pamong murni dan birokrat yang telah teruji dalam memimpin Sekretariat DPR Papua. Bahkan, sejumlah prestasi berhasil dicapai termasuk menjadi Sekretaris Dewan (Sekwan) Terbaik se Indonesia.

“Untuk itu, dalam memimpin Papua itu, seorang ibu menjadi figur dan sosok bagi kami sebagai pemuda menilai sangat tepat untuk menjalankan roda pemerintahan hingga terpilihnya gubernur definitif,” imbuhnya.(bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *