Fraksi Partai Demokrat DPR Papua Paparkan Sejumlah Keberhasilan Gubernur Lukas Enembe

Pelapor Fraksi Partai Demokrat DPR Papua, Ir H Junaedi Rahim, IAI menyerahkan laporan pendapat fraksinya kepada pimpinan DPR Papua, Jumat, 25 Agustus 2023.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Momentum rapat paripurna DPR Papua dengan agenda membahas Raperdasi tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Papua taun anggaran 2023, dimanfaatkan Fraksi Partai Demokrat DPR Papua untuk menyampaikan apresiasi dan teriam kasih serta penghargaan kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH yang akan mengakhir masa jabatannya pada 5 September 2023.

“Fraksi Partai Demokrat Juga memberikan Apresiasi yang setinggi – tingginya kepada Gubernur dan jajarannya atas capaian pembangunan yang telah dicapai dalam kurun waktu 10 tahun ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan karunia akal budi dan hikmat kepada Gubernur dan jajarannya untuk dapat melaksanakan tugas-tugas kedepan yang semakin berat, sehingga dapat mewujudkan Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera yang Berkeadilan Menuju Peradaban Papua Maju dan kami sampaikan ucapan terima kasih yang selayaknya kepada Bapak Lukas Enembe dan Bapak Alm. Klemen Tinal dan jajarannya dalam 10 tahun berjalan telah memberi sumbangsih pemikiran dan tindakan sebagai upaya mewujudkan visi pembangunan itu,” kata Ir H Junaedi Rahim, IAI, Pelapor Fraksi Partai Demokrat DPR Papua dalam rapat paripurna, Jumat, 25 Agustus 2023.

Apalagi, dalam kepemimpinan Gubernur Lukas Enembe berhasil meraih prestasi seperti pencapaian tata kelola pemerintahan dan tata kelola keuangan daerah atas hasil audit BPK RI Perwakilan Papua sejak 8 tahun terakhir dalam kepemimpinan Lukas – Klemen mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), juga terkait tata kelola birokrasi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Provinsi Papua, terkait trend penurunan angka kemiskinan di Provinsi Papua dan pelaksanaan program pemerintah daerah, termasuk halnya program pro rakyat.

Bahkan, Fraksi Demokrat DPR Papua mengapresiasi atas pencapaian-pencapaian yang dikerjakan dan terus meningkat dari tahun ke tahun sesuai RPJMD, seperti beberapa proyek mega yang dibangun dalam masa kepemimpinan “Lukas-Klemen” seperti Gedung Negara Dok V Jayapura, Gedung II DPR Papua, Stadion Utama Lukas Enembe, Kantor MRP, Kantor KPU Provinsi, Jalan Layang Hamadi Skyland, Jalan Hamadi-Holtekamp, Jembatan Holtekam/Jembatan Merah, dan lainnya yang menghabiskan biaya tak sedikit.

“Selama 10 tahun kepemimpinan Lukas-Klemen, kini telah dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan berbagai iven-iven Nasional dan Internasional dimana Papua sebagai Zona Damai. Sudah tentu dengan kepercayaan yang diberikan, bahwa kita mengdapatkan maamfaat sebagai sarana “pintu gerbang” aksebilitas pembangunan dan kesejateraan serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Selain itu, Fraksi Partai Demokrat DPR Papua menilai Gubernur Lukas Enembe memperhatikan pengusaha orang asli Papua melalui Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) sesuai dengan Pergub Nomor 45 Tahun 2017 tentang Kamar Adat Pengusaha Papua. Hal ini membuktikan bahwa kepedulian Gubernur Papua terhadap Pengusaha Orang Papua dan menolong serta merhatikan mereka yang belum terakomodir melalui paket-paket pekerjaan sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 14 Tahun 2019 dan Peraturan Presiden Nomor 17 Tahun 2019 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah kepada Para Pengusaha Orang Asli Papua.

“Kami Fraksi Partai Demokrat DPR Papua juga memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada partai politik yang mendukung penuh dalam mejalankan roda pemerintahan selama 10 tahun sejak tahun 2013 sampai dengan tahun 2023 ini sampai masa periodenisasi selesai dengan baik,” katanya.

“Kami juga memberikan apresiasi dan terimakasih kepada bapak Lukas Enembe sebagai Gubernur Papua atas meningkatnya sumber daya manusia. Hal ini membuktikan menyekolahkan anak-anak Papua ke seluruh dunia untuk menjadi penentu masa depan bangsa dari negeri matahari terbit dan menjadi berkat bagi bangsa-bangsa lain,” sambungnya.

Terhadap raperdasi tentang Perubahan APBD Provinsi Papua 2023, Fraksi Partai Demokrat menyatakan menerima dan menyetujui untuk ditetapkan menjadi Perdasi dengan memperhatikan saran dan masukan serta pandangan seluruh fraksi, komisi – komisi dan badan anggaran DPR Papua.(bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *