Parade Merah Putih, DPR Papua Sambangi Kampung Sawanawa Keerom dan Ziarah ke TMP

Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw bersama Anggota DPR Papua, Yanni, SH dan Mathea Mamoyao dan Sekretaris DPR Papua Juliana J Waromi foto bersama peserta Parade Merah Putih di Jembatan Merah, Kota Jayapura, Sabtu, 19 Agustus 2023.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – DPR Papua menggelar Parade Merah Putih bersama dengan IOF Papua, Perbakin, RAPI dan Hyundai yang dilepas langsung oleh Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw, SE bersama Wakil Ketua III DPR Papua, Yulianus Rumbairussy, SSos, MM dan Ketua Fraksi Gerindra DPR Papua, Yanni, SH dan Anggota DPR Papua Jimmy G Biniluk dan Mathea Mamoyau serta Sekretaris DPR Papua, Dr Juliana J Waromi, SE, MSi, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Parade Merah Putih DPR Papua bersama IOF Papua itu, melibatkan puluhan kendaraan roda empat, yang berangkat dari Dermaga Parkir DPR Papua menuju ke Kabupaten Keerom. Parade Merah Putih itu, menyambangi Kampung Sawanawa, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Papua.

Meski jalanan menuju ke Kampung Sawanawa rusak, namun tak menyurutkan niat rombongan DPR Papua untuk mengunjungi Kampung itu yang ditempuh hampir 3 jam perjalanan itu dari Kota Jayapura, sekaligus melihat kondisi masyarakat di Kampung Sawanawa yang memprehatinkan ini.

Sesampainya di Kampung Sawanawa, Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw disambut Kepala Kampung Sawanawa, Agus Wake di Balai Kampung Wake. Dalam kesempata ini, DPR Papua memberikan bantuan bahan makanan berupa beras dan mie instan kepada warga Kampung Sawanawa serta sejumlah uang tunai.

Dalam kesempatan ini, Ketua DPR Papua Jhony Banua Rouw mengatakan, parade merah putih dengan menyambangi Kampung Sawanawa, Keerom ini dalam suasana memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78.

Ketua DPR Papua Jhony Banua Rouw bersama Wakil Ketua III DPR Papua, Yulianus Rumbairussy, Anggota DPR Papua Jimmy G Biniluk dan Sekretaris DPR Papua, Juliana J Waromi menyerahkan bantuan bama kepada warga Kampung Sawanawa, Distrik Arso, Kabupaten Keerom.

“Kita di kantor memeriahkan HUT RI ke 78 ini dengan beberapa lomba, futsal, perahu hias, tiktok dan lainnya. Kami tidak mau memeriahkan HUT RI ini hanya di kota saja, tapi kami mau merayakan dan berbagi di kampung ini,” katanya.

Untuk itu, DPR Papua memilih Kampung Sawanawa, Arso, Keerom untuk berbagi agar masyarakat bisa merayakan HUT RI dengan baik.

Jhony mengakui jika masyarakat menginginkan adanya bantuan air bersih dan perbaikan jalan menuju Kampung Sawanawa. “Saya lihat banyak rumah yang bisa kita bantu melalui program-program yang bisa kita perjuangkan nanti. Kalau ruas jalan ini, sudah terbagi penanganannya seperti jalan nasional, provinsi dan kabupaten. Namun, jalan menuju kampung ini ranahnya Kabupaten Keerom,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Jhony mengajak masyarakat Kampung Sawanawa untuk tetap menjaga Papua yang damai untuk pembangunan yang lebih baik ke depannya.

Sementara itu, Kepala Kampung Sawanawa, Agus Wake menyampaikan terimakasih atas bantaun dan perhatian dari DPR Papua. Ia mengaku sejak menjadi kepala kampung ini selama dua peroode atau sejak 2007, belum ada kunjungan dan perhatian baik dari Bupati Keerom dan DPR Keerom maupun dari provinsi.

“Memang kondisi kampung ini sangat memprehatinkan. Kami menderita, meski beberapa kali usulan ke berbagai pihak, termasuk Kemendes, bupati dan DPRD Keerom, namun tidak ada respon hingga kini. Saya selaku kepala kampung tidak bisa berbuat banyak, hanya mengandalkan dana kampung yang Rp 100 juta saja. Itu habis untuk membangun 1 rumah saja,” katanya.

Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw bersama Anggota DPR Papua, Yanni, SH dan Jimmy G Biniluk bersama peserta Parade Merah Putih foto bersama usai ziarah di TMP Waena, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Ditambahkan, jika kendala yang dihadapi masyarakat Kampung Sawanawa adalah jalan yang rusak, sehingga butuh perhatian dan pembangunan serta sarana air bersih.

Usai menyambangi Kampung Sawanawa ini, rombongan DPR Papua ini melanjutkan perjalanan kembali ke Kota Jayapura dan menuju ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura untuk ziarah.

Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw memimpin upcara ziarah ke TMP Waena dengan meletakkan karangan bunga bersama Ketua Fraksi Gerindra DPR Papua, Yanni, SH. Selanjutnya, melakukan tabur bunga ke makam para pahlawan.

“Ziarah ini untuk mengenang perjuangan pahlawan dan menghormati pahlawan kita,” imbuhnya.(bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *