Pj Gubernur Papua Tengah Kukuhkan 75 Anggota Paskibra

Pj Gubernur Papua Tengah, DR Ribka Haluk, SSos, MM mengukuhkan Paskibra, Selasa, 15 Agustus 2023.
banner 120x600
banner 468x60

NABIRE, Papuaterkini.com – Usai melaksanakan latihan yang panjang dan melelahkan, sebanyak 75 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Merah Putih Tahun 2023, yang nantinya bertugas pada peringatan upacara peringatan HUT Proklamasi 17 Agustus ke 78 Republik Indonesia (RI), dikukuhkan oleh PJ Gubernur Papua Tengah, DR Ribka Haluk, SSos, MM, di Aula Batalyon Inf Raider Khusus 753/AVT, Selasa, 15 Agustus 2023.

Upacara pengukuhan yang dipimpin salah satu Paskibraka Marijke Zefania Aprilia Waromi tersebut, dihadiri langsung oleh orang tua Paskibraka dan juga Forkompinda Provinsi Papua Tengah.

”Ini menjadi suatu kebanggaan bagi saya dan bapak/ibu untuk ikut bersama dalam pengukuhan anggota Paskibra Provinsi Papua Tengah angkatan pertama tahun 2023, yang merupakan perdana bagi kita dalam mengikuti rangkaian acara peringatan kemerdekaan ke 78 RI di Papua Tengah ini,” kata PJ Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk.

Ribka Haluk mengatakan, jika hal ini merupakan momentum yang bersejarah, bukan hanya karena merupakan langkah awal bagi provinsi yang baru ini, tetapi juga karena saat ini bersama menyambut ulang tahun kemerdekaan bangsa ini.

Menurutnya, tema perayaan HUT RI ke78 “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju,”, relevan dengan semangat di Provinsi Papua Tengah, yakni semangat untuk terus maju, mengatasi segala tantangan yang dihadapi. “Saya memiliki keyakinan bahwa generasi muda, yang diwakili oleh anggota paskibra yang gagah dan anggun ini, adalah tulang punggung perubahan yang kita butuhkan untuk mewujudkan kemajuan yang berkelanjutan,” ujarnya.

Ia mengatakan anggota paskibra sebagai garda terdepan dalam mengibarkan panji-panji kebanggaan bangsa ini. Lalu paskibraka juga memiliki tanggung jawab besar dalam memimpin perayaan kemerdekaan ini.

“Anak–anakku anggota paskibra kalian adalah simbol semangat, disiplin, dan kebersamaan yang kami harapkan akan menjadi teladan bagi seluruh masyarakat Papua Tengah. Semangat juang dan kesetiaan kalian kepada bangsa dan negara, kami yakin, akan membawa papua tengah menuju puncak kemajuan. Terutama peran dan tanggung jawab yang sangat penting yang kalian emban mulai hari ini menuju upacara dibesok hari,” paparnya.

“Kelak semua mata akan ikut menatap setiap ayunan langkah kalian untuk mengibarkan Bendera Merah Putih. Tanamkan kebanggaan dan rasa percaya diri yang tinggi untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan kepada kalian. Dan ingatlah kalian akan menjadi sejarah dan cerita di tahun-tahun yang akan datang. Pastikan bahwa kalian akan mengukir sejarah yang baik bagi pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI ke 78 yang merupakan perdana ditingkat Provinsi Papua Tengah,” sambungnya.

Ia mengajak kepada para orang tua anggota paskibra yang hadir, mari bersama-sama memberikan dukungan dan apresiasi yang tulus kepada anak-anak yang telah berjuang untuk menjadi bagian dari pasukan ini. Keberhasilan mereka adalah bukti kesungguhan dalam mengibarkan bendera kebangsaan dan menghormati perjuangan para pahlawan.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada segala pihak yang telah terlibat dalam proses pembentukan mental dan displin anak-anak anggota paskibra. Dalam momentum yang bersejarah ini, dengan penuh rasa bangga dan haru saya ingin menyampaikan bahwa sang saka merah putih yang nanti akan dikibarkan di lapangan Kodim 1705 Nabire ialah bendera merah putih yang Ibu Gubernur jahit sendiri pada kegiatan peringatan hari Ibu di Kota Bengkulu pada tanggal 21 desember 2022 lalu,” pungkasnya.(ry/bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *