Jhon Gobai Apresiasi Kesepakatan Terkait Dampak Tailing Freeport di Mimika

Ketua Poksus DPR Papua, Jhon NR Gobai foto bersama Ketua Komite II DPD RI Yorris Raweyai usai rapat kerja terkait dampak tailing di Jakarta.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Ketua Kelompok Khusus DPR Papua, Jhon NR Gobai mengapresiasi adannya lima poin kesepakatan dari hasil rapat kerha yang digelar Komite II DPD RI bersama dengan PT Freeport Indonesia, Pemprov Papua Tengah dan stakeholder yang berlangsung di Ruang Rapat GBHN Gedung Nusantara V Komplek MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin, 11 September 2023.

Ada 5 poin yang disepakati dalam rapat tersebut, yakni pertama, pengelolaan pendangkalan sungai yang terdampak limbah tailing harus menjadi prioritas penyelesaian. Kedua, program-progam PT Freeport Indonesia yang diberikan kepada masyarakat yang terdampak harus sesuai dengan kebutuhan dan kearifal lokal masyarakat setempat. Ketiga, PT Freeport Indonesia membangun rumah singgah dengan catatan tanah disiapkan oleh masyarakat.

Keempat, PT Freeport Indonesia mendukung Pembangunan Pelabuhan baru di Otawa bersama pemerintah. Dan kelima Komite II DPD RI membentuk tim bersama dalam rangka pengawasan pengelolaan limbah Tailing PT Freeport Indonesia.

“Saya dari awal meminta agar ada kesepakatan yang ditandatangani hari ini. Syukur tadi kami tandatangani kesepakatan, isinya antara lain freeport membangun beberapa infrastruktur, dibentuk tim pengawas,” kata Jhon Gobai.

Jhon Gobai meminta agar PT Freeport Indonesia menyediakan airboat untuk bisa berjalan di daerah pendangkalan dan meminta agar PT Freeport Indonesia mengganti penggunaan kapur dengan yang lain untuk campuran dalam pengolahan tambang agar lebih ramah lingkungan.

“Kami menegaskan bahwa tailing Freeport ini berkat bagi pemerintah tapi masalah bagi masyarakat. Karena itu, Freeport harus membuat program yang menjawab kebutuhan, bukan proyek bagi kontraktor dan kami juga meminta agar dibangun pabrik semen mortal yang dimiliki dan dikelola oleh anak anak asli Mimika,” imbuhnya.

Rapat Kerja membahas tindak lanjut hasil pertemuan Komite Il DPD RI dengan para pemangku kepentingan terkait dampak limbah Tailing PT. Freeport Indonesia terhadap penduduk di wilayah Distrik Mimika Timur Jauh, Jita, dan Agimuga, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, digelar di Ruang Rapat GBHN Gedung Nusantara V Komplek MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin, 11 September 2023.

Rapat dihadiri oleh perwakilan dari beberapa Kementrian, Pj Gubernur Provinsi Papua Tengah Ribka Haluk, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Clayton Allen Wenas, Direktur PT Freeport Indonesia Claus Wamafma dan Wakil Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Jenpino Ngabdi, Ketua Poksus DPR Papua, John NR Gobai dan Ketua Lepemawil, Adolfina Doly Kuum.

Hadir pula puluhan Anggota Komite II DPD RI Rapat dipimpin oleh Ketua Komite II DPD, Yoris Raweyai.
Pada Raker ini telah ditandatangani beberapa kesepakatan untuk dapat menjadi pekerjaan yang harus dikerjakan oleh Freeport bersama dengan masyarakat tentu Lepemawil harus dilibatkan dan membentuk Tim Pengawas atas Kesepakatan yang ditandatangani. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *