Ketua Poksus DPR Papua Kunjungi Industri Sagu di Mimika

Ketua Poksus DPR Papua Jhon NR Gobai melihat langsung proses pengolahan sagu di pabrik sagu di Jalan Hasanuddin Timika, Kabupaten Mimika.
banner 120x600
banner 468x60

MIMIKA, Papuaterkini.com – Ketua Kelompok Khusus (Poksus) DPR Papua, Jhon NR Gobai mengunjungi Industri Sagu di Jalan Hasanuddin, Timika, Kabupaten Mimika, pertengahan September 2023. Jhon Gobai yang juga Anggota Komisi II DPR Papua yang membidangi Perekonomian ini melihat langsung proses produksi di Pabrik Pengolahan Sagu tersebut.

“Dalam kunjungan ke Mimika pada pertengahan September 2023, kami sempatkan diri ke Pabrik Sagu di Jalan Hasanudin, Mimika. Setahu kami ada juga industri sagu di Kekwa yang dibangun oleh YPMAK Timika. Menurut saya ini baik dan perlu dijadikan contoh untuk dijuga dikembangkan di daerah lainnya,” kata Jhon Gobai.

Hanya saja, Jhon Gobai memberikan catatan bahwa dalam rangka perlindungan hutan atau dusun sagu yang menjadi sumber kehidupan masyarakat, diperlukan adanya kebijakan pembatasan pembukaan lahan baik kehutanan maupun perkebunan sawit, pembukaan jalan dan pembangunan komplex perumahan yang membongkar hutan sagu.

Selain itu, kata Jhon Gobai, juga mesti ada upaya membuka kebun kebun atau dusun dusun sagu atau dengan kata lain perlu ada budidaya sagu khas Papua.

Untuk itu, lanjut Jhon Gobai, dalam rangka pengembangan sagu itu, maka perlu dikembangkan adanya industri peralatan pengolahan sagu, adanya pelatihan pelatihan pengolahan sagu, home industri kecil pengolahan sagu di kampung kampung dan juga ekowisata hutan sagu.

Ditambahkan, Sagu merupakan pohon yang mempunyai berbagai fungsi. Pohon sagu banyak tumbuh di Papua bagian pesisir, wilayah selatan Papua masih menyimpan cadangan hutan sagu yang luas. Namun, berbagai pembangunan dan investasi telah dan sedang menggusur dan membabat pohon sagu yang tumbuh secara alamiah namun budidaya sagu masih terbatas, sagu juga telah menjadi sumber pendapatan masyarakat dan berguna bagi kehidupan masyarakat papua dibagian pesisir untuk itu diperlukan upaya strategis untuk perlindungan dan pengembangan sagu. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *