LMA Bakal Gelar Seminar ‘Waropen Rumah Kita’

Anggota Komisi I DPR Papua, Yonas Alfons Nussi menyampaikan sambutan pada rapat persiapan Seminar Waropen Rumah Kita yang digelar LMA Waropen di Tanah Tabi, Tanah Hitam, Abepura, Rabu, 14 September 2023.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Waropen di Tanah Tabi bakal menggelar seminar bertajuk ‘Waropen Rumah Kita’ dalam waktu dekat ini.

Ketua LMA Waropen di Tanah Tabi, Carlos Sawaki mengatakan, jika seminar itu untuk kepentingan masyarakat Waropen di tanah tabi maupun di Waropen sendiri berkaitan dengan masa depan, sehingga panitia membawa kepentingan itu di para-para adat.

“Harapan mereka lewat para-para adat ini sebagai media untuk mendorong pelaksanaan seminar ‘Waropen Rumah Kita’ ke depan,” katanya.

Carlos Sawaki berharap lewat seminar itu, akan melahirkan rekomendasi dan konsep-konsep pikiran untuk perubahan Waropen ke depan.

“Jadi, di seminar itu tidak saling menyalahkan dan tidak kembali melihat ke belakang. Tapi, lewat seminar itu ada kebersamaan yang kita bangun dan ada pikiran-pikiran kontribusi dari anak-anak Waropen yang hebat ini kita lahirkan bersama untuk sebuah perubahan Waropen ke depan,” ujarnya.

Untuk itu, dalam seminar nanti, akan menghadirkan Sumber Daya Manusia (SDM) anak-anak Waropen yang hebat dengan kontribusi pikiran mereka untuk memperkuat, termasuk narasumber yang lain untuk memberikan pencerahan, edukasi dan pikiran-pikiran positif untuk kemajuan Waropen ke depan.

“Pelakanaan eminar ini ekaligu merangkul anak-anak muda yang elama ini mengontrol pemerintah melalui media sosial, sehingga seminar ini harus digelar sehingga anak-anak Waropen yang memiliki pikiran hebat dan brilian itu, kita bicara dalam wadah yang resmi secara ilmiah dan secara terhormat,” paparnya.

Sebelum menggelar seminar Waropen Rumah Kita, akan diawali dengan kegiatan ibadah syukur yang direncakan pada 25 September 2023.

“Artinya, ada kepentingan rencana ke depan lewat seminar itu maka kita awali dengan doa, karena Tuhan diatas segalanya,” imbuhnya.

Sementara itu, Anggota DPR Papua dari daerah pengangkatan Seireri, Yonas Alfons Nussy mengapresiasi rencana seminar Waropen Rumah Kita ini.

“Kami mengucap syukur karena dari pertemuan Keluarga Waropen pada Agustus 2023 untuk menyepakati ada sebuah seminar. Seminar ini kita jadikan sebagai wadah untuk kita bersama-sama berpikir bersama dan merumuskan bersama untuk membangun Rumah Besar Waropen,” kata Yonas Nussi.

Yang jelas, Yonas Nussi mengaku jika kerangka seminar Waropen Rumah Kita itu sudah disiapkan dan menjadi catatan penting untuk menghadirkan para narasumber yang sesuai kebutuhan yang mana menjadi pergumulan bagi masyarakat Waropen yang ditindaklanjuti melalui seminar ini untuk membangun Waropen 20 tahun ke depan.

Untuk membangun Waropen yang lebih baik lagi ke depan, lanjut Yonas Nussi, dapat dicapai jika semua komponen masyarakat Waropen bersatu dan memikirkan bersama.

“Soal waktu seminar, itu akan diputuskan oleh panitia yang diberi mandat oleh LMA Waropen di Tanah Tabi,” ujar Anggota Komisi I DPR Papua ini.

Selain itu, sebelum seminar, kata Yonas Nussi, akan digelar ibadah syukur Waropen Bersatu pada 25 September 2023.

“Ibadah syukur itu, kita saling memaafkan dan mengucap syukur atas perlindungan dan penyertaan Tuhan dalam kehidupan kemasyarakatan, pemerintahan dan kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga ibadah syukur untuk melakukan semua untuk menuju seminar besar membangun Waropen Rumah Kita,” paparnya.

Dalam kesempatan ini, Yonas Nussy mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih kepada pimpinan DPR Papua, baik Wakil Ketua I DPR Papua, Dr Yunus Wonda, SH, MH  yang sudah hadir, langsung mendengar dan melihat beberapa jembatan dan jalan yang kebutuhan masyarakat Waropen terutama di Distrik Demba dan sekitarnya.(bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *