Komisi IV DPR Papua Tinjau Ruas Jalan Waena – Puay – Arso VI

Komisi IV DPR Papua bersama Dinas PUPR Papua meninjau jalan Waena sampai Arso VI, Sabtu, 7 Oktober 2023.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Guna menindaklanjuti hasil Rapat Koordinasi Komisi IV DPR Papua bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua pada Selasa, 3 Oktober 2023, maka Komisi IV DPR Papua bersama Dinas PUPR Provinsi Papua melakukan kunjungan kerja lapangan, Sabtu, 7 Oktober 2023.

“Hari ini Komisi IV DPR Papua bersama Dinas PUPR meninjau ruas jalan Waena – Yoka – Puay – Arso V – Arso VI,” kata Ketua Komisi IV DPR Papua, Arnold Walilo dalam release yang dikirim Humas DPR Papua.

Dikatakan, status ruas Jalan Waena – Puay – Arso V merupakan ruas jalan provinsi, sehingga pembiayaan pembangunan ruas jalan tersebut menggunakan APBD Provinsi Papua Tahun Anggaran 2022 dan 2023.

“Pembangunan ruas jalan ini dibiaya lewat APBD Provinsi Papua dan merupakan proyek multiyers dimana pada tahun anggaran 2022 ruas jalan dibangun sepanjang 5 Km dan realisasi dilapangan selesai 100 persen selesai, sedangkan tahun anggaran 2023 dianggaran untuk pemeliharaan sepanjang 20 Km, mulai dari ruas jalan Waena sampai Arso V,” ujarnya.

Lebih lanjut, berdasarkan hasil pengamatan Komisi IV DPR Papua, ruas jalan ini perlu mendapat perhatian serius dari Pemerintah Provinsi Papua.

“Dari pengamatan kami bersama Dinas PUPR ternyara ada beberapa bagian ruas jalan yang sudah rusak, begitu juga jembatan, sehingga kami pikir pembangunan ruas jalan ini perlu dimasukkan dalam perencanaan APBD tahun anggaran 2024 terutama untuk peningkatan jalan mulai dari pertigaan Zipur sampai ke Arso V dan Arso VII,” ungkapnya.

Arnold Walilo mengatakan, ruas jalan itu merupakan salah satu ruas jalan strategis yang menghubungkan Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom, maka perlu mendapat perhatian serius dari Pemerintah Provinsi Papua.

“Ruas jalan ini sangat membantu untuk pelayanan masyarakat dan untuk peningkatan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat yang ada di sepanjang ruas jalan ini. Di samping itu, jalan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang hendak membawa hasil kebun ke Kota Jayapura untuk dijual sehingga dapat meningkatan pendapat masyarakat,” katanya.

Selain peningkatan ruas Jalan Waena – Puay – Arso V, imbuh Walilo, Komisi IV DPR Papua juga akan mengusulkan pembangunan ruas jalan Puay – Sabeam pada tahun anggaran 2024, sehingga masyarakat dari Genyem Kabupaten Jayapura yang mau ke Kota Jayapura bisa melewati jalan alternatif tersebut ketika ada kejadian tertentu di Sentani. (aw/bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *