Jhony Roto, Pengayuh Sepeda Keliling Indonesia Bertemu Ketua DPR Papua

Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw, SE naik sepeda bersama Jhony Roto, si pengayuh sepeda keliling Indonesia saat diterima di ruang kerja Ketua DPR Papua, Selasa, 28 November 2023.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com Jhony Roto, si pengayuh sepeda tua untuk memenuhi nazarnya keliling Indonesia dari Bengkalis, Riau berkesempatan bertemu dengan Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw, SE di ruang kerjanya, Selasa, 28 November 2023.

Uniknya, Jhony Roto datang bertemu dengan Ketua DPR Papua ini, dengan sepeda tuanya itu, setelah naik lift menuju ke Lantai 9 Gedung II DPR Papua dan ia masuk bersama sepeda yang menemaninya hampir 4 tahun lebih keliling Indonesia itu.

“Saya sudah mengayuh sepeda ke 36 provinsi selama 4 tahun lebih ini,” kata Jhony Roto.

Selama mengayuh sepeda keliling Indonesia ini, Jhony Roto menceritakan jika sudah ganti ban sepeda sebanyak 32 kali, ganti rantai yang putus 50 kali, ganti velg sepeda sebanyak 6 kali dan jok sebanyak 4 kali.

Jhony mengaku ingin menuntaskan nazarnya untuk mengunjungi seluruh provinsi dan kabupaten/kota dengan mengayuh sepeda miliknya itu yang diawali pada 16 Februari 2019 itu, yang dimulai dari Desa Kuala Penaso, Kecamatan Talang Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Kepuluan Riau itu.

Jhony bercerita bahwa nazar yang ia tuntaskan merupakan wujud syukurnya atas anugerah kesehatan yang didapatkan istri dan anaknya.

“Perjalanan saya ini sebagai bentuk rasa syukur saya karena anak dan istri saya diberikan kemudahan dan kesehatan saat melahirkan. Perjalanan ini memberikan saya banyak sekali pelajaran, salah satunya adalah menikmati keindahan alam Indonesia dan dapat bersilaturahim dengan warga masyarakat yang beragam suku dan budayanya,” ungkap Jhony.

Jhony mengaku untuk makanan dan minuman, ia dibantu orang-orang yang ia temui dalam perjalanan. Ia pun bersyukur banyak bertemu orang baik dan peduli yang telah membantu dan menerimanya. Ia pun menganggap mereka sebagai saudara.

Saat di Kota Jayapura, Jhony mengatakan sudah keliling selama 20 hari. Jika di Kota Jayapura ini, ia tidur di Masjid Raya Baiturahhim. Namun, kini ia tinggal di Rumah Bakau Jayapura.

“Banyak pengalaman yang saya dapat dan paling berkesan adalah ketika dalam perjalanan di Labuhan Bajo. Saya naik sepeda 3 hari 3 malam melalui hutan. Sepi sekali, tidak ketemu satu orang pun. Bahkan, saya berpikir kemungkinan bisa mati, karena tidak makan selama 3 hari itu, hanya minum saja,” ungkapnya.

“Terakhir ketika di dekat desa, ketemu seorang perempuan di ladang. Namun, tiba tiba dia hilang begitu saya menoleh,” sambungnya.

Jhony Roto, pengayuh sepeda keliling Indonesia saat diberikan kesempatan duduk di kursi Ketua DPR Papua dan berbincang langsung dengan Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw,SE, Selasa, 28 November 2023.

Jhony mengaku masih ingin bersepeda keliling ke Wamena, Provinsi Papua Pegunungan dan terakhir ke Merauke, Provinsi Papua Selatan, sehingga genap seluruh provinsi di Indonesia berhasil ia keliling dengan baik sepeda itu.

Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw sempat berbincang dengan Jhony Roto, hingga mengamati sepeda tua yang dibawa untuk keliling Indonesia itu. Jhony bahkan sempat membubuhkan tandatangannya di papan yang ada di belakang sepeda itu.

“Pak Jhony sudah keliling seluruh Provinsi di Indonesia dengan tekad yang kuat karena berpegang pada nazarnya. Pak Jhony orang yang hebat dan memiliki tekad yang kuat. Tentu ini patut diapresiasi,” kata Jhony Banua Rouw.

Bahkan, Jhony Banua Rouw memberikan kesempatan kepada Jhony Roto duduk di kursi Ketua DPR Papua dan kemudian foto bersama. Tentu saja hal ini sangat jarang terjadi. Selain itu, Jhony Banua Rouw memberikan cinderamata kepada Jhony Roto. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *