Sambangi Tokoh Papua Jelang Natal dan Pemilu, Korbinmas Baharkam Polri Ajak Ciptakan Damai

Kaamsubdit Komsatpam Korbinmas Baharkam Polri, Kombes Pol Wawan Kurniawan menyerahkan bingkisan kepada Koordinator Forum Komponen Merah Putih Republik Indonesia Papua, Yonas Alfons Nussi dalam sambang tokoh Papua jelang Natal dan Pemilu 2024 di Hamadi, Kota Jayapura, Selasa, 6 Desember 2023.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Biro Binmas Mabes Polri menyambangi Tokoh Papua untuk melakukan silaturahmi sekaligus berdiskusi menyikapi situasi keamanan masyarakat menjelang Natal tahun 2023 dan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Tokoh Papua yang disambangi Biro Binmas Mabes Polri itu, Yonas Alfons Nussi, Koordinator Forum Merah Putih Papua Republik Indonesia di kediamannya di Hamadi, Kota Jayapura, Papua, Selasa, 6 Desember 2023.

Usai pertemuan, Kasubdit Komsatpam Korbinmas Baharkam Polri, Kombes Pol Wawan Kurniawan mengaku jika pihaknya menyambangi tokoh-tokoh Papua dalam rangka silaturahmi.

“Kami dari Korbinmas Baharkam Polri tentu sangat yakin bahwa tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda di Papua ini, akan menjaga keutuhan dan kedamaian di Papua,” kata Kombes Wawan.

Apalagi, ujar Kombes Wawan, untuk generasi penerusnya juga sudah ditanamkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan, nilai-nilai Pancasila dan nilai-nilai perjuangan untuk menjaga wilayahnya sendiri bersama sama keluarga, teman, kerabat dan tokoh tokoh pemuda lainnya.

“Mudah-mudahan ini terus menjadi circle yang terus dipertahankan kedamaian, sehingga kedamaian di Bumi Cenderawasih ini pembangunan, pendidikan dan perekonomian berjalan lancar. Dan mudah mudahan tidak ada hambatan dalam menuju perjuangan itu,” ujarnya.

Ia menghimbau agar masyarakat di Bumi Cenderawasih tidak terpancing dengan isu-isu, berita hoaks atau berita bohong yang disebarkan orang gak bertanggungjawab menghadapi Natal 2023 maupun Pemilu 2024.

“Saya juga yakin masyarakat Papua, pemuda dan pelajar sudah cerdas dan bisa membedakan mana berita yang baik dan mana berita yang buruk atau berita hoaks. Harus bagaimana bertindak ketika melihat satu berita yang tidak jelas sumbernya, yang tidak jelas maknanya. Saya yakin mahasiswa sebagai generasi muda, dia sudah pandai dan tahu bagaimana bersikap terhadap maraknya berita hoaks. Mereka sudah cerdas dan tahu akan tugas dan kewajibannya bagi bangsa dan negara ini,” imbuhnya.

Foto bersama Kasubdit Komsatpam Korbinmas Baharkam Polri, Kombes Pol Wawan Kurniawan dan rombongan bersama Tokoh Papua, Yonas Alfons Nussi di kediamannya, Selasa. 6 Desember 2023.

Sementara itu, Yonas Alfons Nussi menyampaikan apreasi kepada Mabes Polri yang telah mengunjungi dan berdiskusi di kediamannya tersebut.

“Kami berdiskusi bagaimana untuk sama sama menjaga stabilitas wilayah di Provinsi Papua menghadapi perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 serta pesta demokrasi Pemilu tahun 2024 dengan baik,” kata Yonas Nussi.

Menurutnya, ada hal yang sangat prinsip untuk dikerjakan bersama sama yakni menjelang perayaan Natal, maka perlu menciptakan suasana damai di mulai dari lingkungan masyarakat.

Selain itu, juga mempersiapkan diri baik dari komunitas masyarakat maupun pimpinan organisasi kemasyarakatan, gereja dan tokoh tokoh adat dan lainnya, untuk berkomunikasi dengan baik untuk mempersiapkan masyarakat untuk menghadapi pesta demokrasi. Begitupun untuk menghadapi pesta demokrasi itu, dengan tidak untuk mendapatkan informasi yang menyesatkan dari oknum-oknum tertentu yang bertujuan untuk mengacaukan stabilitas keamanan yang sudah terjaga dengan rukun dan damai sampai saat ini.

Untuk itu, Yonas Nussi yang juga Anggota DPR Papua ini menghimbau kepada semua pimpinan agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan pimpinan organisasi untuk berperan memberikan informasi yang baik kepada masyarakat.

Dikatakan, Forum Komunikasi Komponen Merah Putih Republik Indonesia Papua akan terus senantiasa bekerja menjaga ketertiban dan kedamaian di Bumi Cenderasih dengan kegiatan kegiatan yang sederhana namun mampu membangkitkan solidaritas sesama anak bangsa.

“Kalau kita tahu berita ini tidak benar atau informasi itu hoaks, jangan kita lanjut atau sebarkan, sehingga tidak menimbulkan provokasi atau salah tafsir di tengah masyarakat,” imbuhnya. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *