Dana Pemilu di Papua Disiapkan Rp 280 Miliar

Ketua DPR Papua Jhony Banua Rouw, SE didampingi Wakil Ketua I DPR Papua, Dr Yunus Wonda, SH, MH dan Wakil Ketua III DPR Papua Yulianus Rumbairussy, SSos, MM bersama Pj Sekda Papua, Derek Hegemur dalam rapat banggar, Rabu,17 Januari 2024, malam.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Ketua DPR Papua Jhony Banua Rouw, SE mengungkapkan bahwa anggaran atau dana untuk penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Provinsi Papua telah disiapkan total mencapai sebesar Rp 280 miliar.

Kepastian dana Pemilu baik untuk penyelenggara pemilu baik KPU maupun Bawaslu Provinsi Papua dan keamanan itu, setelah rapat Badan Anggaran DPR Papua dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Papua di Ruang Banggar DPR Papua, Rabu, 17 Januari 2024 malam.

“Tadi untuk dana Pemilu kita sudah sepakat bersama ekskutif bahwa ada pembiayaannya sudah disepakati dan sesuai dengan aturan bahwa harus disiapkan tahun 2024 dan tadi kita sudah ada kepastian bahwa pemerintah daerah telah menyiapkan anggaran Pemilu bagi penyelenggara pemilu, sesuai dengan finalisasi rapat bersama antara KPU dan Kesbang dan itu telah disepakati,” katanya.

“Tadi sudah disampaikan kepada kami dan sudah kami sepakati bahwa Pemilu 2024 semua dana dipastikan sudah siap, termasuk Bawaslu dan Keamanan, semua sudah disiapkan kurang lebih Rp 280 miliar kita siapkan untuk pemilu,” ungkap Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw, usai rapat banggar.

Jhony juga memastikan ketersediaan anggaran untuk pelaksanaan Pemilu di Provinsi Papua tersebut, setelah Pemprov Papua memberikan kepastian ketersediaan dan kesiapan dana pemilu tersebut dalam rapat banggar DPR Papua tersebut.

“Di kita ada non tahapan dan tahapan. Yang non tahapan tidak ada masalah, sehingga urusan KPU dan eksekutif. Intinya ketersediaan anggaran Pemilu sudah ada, kami pastikan itu ada,” ujarnya.

“Makanya kami tanyakan ke eksekutif, hari ini sudah 100 persen sesuai permintaan mereka. Artinya dana tahun 2023 dan 2024 sudah dipadukan dan totalnya sudah dianggarkan Pemprov Papua,” imbuhnya. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *