Dermaga Sipu Sipu Distrik Jita Harus Disinggahi Kapal Perintis dan ASDP

Ketua Poksus DPR Papua, Jhon NR Gobai berbincang dengan Bona, Korsatpel Pomako BPTD Kelas II II Papua di Timika, baru baru ini.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Ketua Kelompok Khusus DPR Papua, Jhon NR Gobai meminta agar Dermaga Sipu Sipu yang berada di Distrik Jita, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah harus disinggahi Kapal Perintis dan ASDP.

Apalagi, kata Jhon Gobai, Pemprov Papua telah selesai membangun Dermaga Sungai Sipu Sipu Distrik Jita, Kabupaten Mimika.

“Saya mendengar dari laporan dari kepala Distrik Jita dan Kepala Distrik Mimika Timur Jauh, Kabupaten Mimika dan masyarakat Sempan, Distrik jita, pembangunannya telah hampir selesai dan dari gambar yang kami dapatkan yaitu dermaganya telah ada dan sering digunakan oleh masyarakat untuk menyandarkan perahunya untuk turun ketika air pasang,” kata Jhon Gobai.

Mengingat pentingnya Dermaga ini bagi masyarakat Jita, Agimuga dan Mimika Timur Jauh, lanjut Jhon Gobai, fungsi Dermaga Sipu Sipu ini haruslah segera dibicarakan dan yang paling penting adalah disinggahi oleh kapal perintis atau kapal ASDP dalam rangka membantu masyarakat tiga distrik yaitu Mimika Timur Jauh, Jita dan Agimuga.

“Hal ini telah dibicarakan dengan pak Bona Korsatpel Pomako BPTD Kelas II II Papua di Timika, pada tanggal 22 Januari 2024, kami sepakat untuk melakukan survey Dermaga Sipu Sipu, Distrik Jita, Mimika untuk memungkinkan kapal bisa melayani atau disinggahi kapal. Hal ini ini juga telah didukung oleh Kepala Distrik Jita, Sako Runtini dan Kepala Distrik Mimika Timur Jauh, Yulius Katagame, S.Sos, pada tanggal 22 Januari 2024 di Timika,” ujarnya.

Dikatakan, sekarang wilayah Mimika telah menjadi bagian dari Provinsi Papua Tengah, sehingga mungkin perlu dipastikan kondisinya untuk memastikan tindaklanjutnya agar dapat berfungsi sebagai pelabuhan.

Menurutnya, dalam rangka membantu masyarakat tiga distrik yaitu Mimika Timur Jauh, Jita dan Agimuga yang selama ini mengeluhkan perjalanan mereka yang selalu terhalang oleh karena pendangkalan yang terjadi akibat tailling Freeport dan kemudian memakan korban akibat pendangkalan, maka pihaknya mengusulkan bila dilakukan survei oleh pihak-pihak yang berwenang dalam hal ini pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, BPTD Papua II atau melalui Dinas Perhubungan baik Provinsi Papua Tengah maupun Kabupaten Mimika, bila itu layak untuk disinggahi oleh kapal perintis, maka diharapkan agar Pelabuhan Dermaga Sungai Sipu Sipu Distrik Jita, Mimika ini dapat disinggahi Kapal Sabuk Nusantara dan KMP dari ASDP, yang mempunyai rute dari Pomako ke Agats, begitu juga sebaliknya dari Agats menuju ke Pomako.

“Menurut kami hal ini akan sangat membantu mobilisasi pegawai, guru, tenaga kesehatan, masyarakat dan barang dari Kota Timika ke kampungnya baik di Distrik Jita maupun di Distrik Agimuga dan sekitarnya,” imbuhnya. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *