Festival Christmas Hanura Berlangsung Semarak, Kenius Kogoya Ajak Jaga Toleransi Antar Umat Beragama

Ketua DPD Partai Hanura Papua, Dr Kenius Kogoya, SIP, MH foto bersama pemenang lomba hias pondok natal.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Festival Christmas Hanura Piala Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Papua dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Partai Hanura ke 17 sekaligus perayaan Natal tahun 2023 dan Tahun Baru 2024, berlangsung semarak.

Sejumlah kegiatan lomba digelar DPD Partai Hanura Provinsi Papua, diantaranya Lomba Yosim Pancar (Yospan), Lomba Vokal Group dan Lomba Hias Pondok Natal ternyata mendapat sambutan antusias dari masyarakat Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Keerom.

Bahkan, sekitar 4 ribu warga maupun pendukung tim peserta lomba memadati GOR Universitas Cenderawasih untuk menyaksikan lomba yospan dan vokal group ini. Apalagi, dalam lomba ini, selain mendapatkan trophy, juga uang pembinaan yang tidak sedikit bagi juara 1, 2 dan 3 termasuk juara harapan dan favorit.

Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Papua, Dr Kenius Kogoya, SP, MSi mengakui jika lomba dalam rangka Festival Christmas Hanura ini sudah menjadi agenda rutin digelar dalam rangka memperingati HUT Partai Hanura yang jatuh 21 Desember, sekaligus menyongsong Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Ketua DPD Partai Hanura Papua Dr Kenius Kogoya, SP, MSi foto bersama pemenang lomba Vokal Group dalam Festival Christmas Hanura.

“Karena berdekatan dengan Natal, maka kami gelar lomba lomba bernuansa religius. Lomba hias pondok Natal ini sudah 3 kali berturut turut kita gelar dan lomba yospan dan vokal group. Tahun lalu kita lakukan lomba paduan suara merry christmas, namun tahun ini kita gelar lomba vokal group. Dan antusias peserta luar biasa banyak,” katanya.

Menurutnya, tujuan kegiatan Festival Christmas Hanura ini, sebenarnya untuk memuliakan Tuhan, sebab peringatan HUT Partai Hanura berdekatan dengan Hari Raya Natal, sehingga digelar lomba hias pondok natal untuk menyemarakkan suasana Natal di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Keerom. Nah, ada makna religius dimana pondok natal ini dihadirkan di seluruh generasi saat ini dan yang akan datang.

Lebih lanjut, kegiatan Festival Christmas ini sangat baik sekali, sehingga ia berharap bisa dilakukan secara berkelanjutan untuk membangun iman orang Kristen terutama merayakan Natal.

“Selain itu, dari segi musik, bagaimana mereka bisa menghadirkan suara suara merdu mereka, untuk memuji dan memuliakan Tuhan. Lagu lagu pujian yang mereka bawakan itu pujian nuansa merry christmas itu luar biasa sekali. Dan disitulah Tuhan mau bagaimana kita tetap memuliakan Tuhan dengan pujian pujian yang begitu indah,” jelasnya.

Untuk itulah, ujar Kenius Kogoya, Partai Hanura hadir di tengah masyarakat secara nyata sesuai slogan Partai Hanura yakni Hadir Ditengah Tengah Masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengikuti dan dapat manfaat dengan kegiatan kegiatan seperti ini.

Kenius Kogoya yang juga Caleg Nomor 1 DPR RI dari Daerah Pemilihan Papua dari Partai Hanura ini, mengungkapkan jika kegiatan ini, disponsori langsung oleh Ketua Umum DPP Partai Hanura, Osman Sapta.

Ia berharap pemerintah daerah mengambil inisiatif melaksanakan kegiatan seperti ini setiap tahun, sebab masyarakat terlihat sangat mengharapkan adanya kegiatan kegiatan seperti ini. “Kalau bisa kita masukkan dalam kegiatan yang berbentuk kearifan lokal, karena lomba hias pondok Natal yang mereka buat, bukan main main, karena ketika kita turun melihat ke lapangan ternyata pondok Natal itu sangat indah dan disertai dengan makna religus, termasuk seni dan kreatifitas dari masyarakat,” ujarnya.

Bahkan, uniknya bahwa yang mengikuti lomba hias Pondok Natal ini bukan hanya dari kaum Nasrani, tetapi juga diikuti oleh kaum muslim yakni di Keerom.

Ketua DPD Partai Hanura Papua Dr Kenius Kogoya, SP, MSi menyerahkan hadiah juara pertama lomba Yospan dalam Festival Christmas Hanura.

“Jadi, ini adalah bentuk toleransi yang diwujudkan luar biasa. Mereka juga ingin untuk memeriahkan Natal itu dengan bagaimana mereka mengikuti lomba hias Pondok Natal ini. Dan itu kami sangat kami apresiasi. Ini bentuk toleransi yang perlu kita jaga dan kawal kerukunan antar umat beragama, saling menghargai dan kedamaian itu harus dibangun bersama di Tanah ini,” imbuhnya.

Ketua Panitia Festival Christmas Hanura, Otniel Deda mengapresiasi Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Papua, Dr Kenius Kogoya, SP, MSi yang komitmen dan konsisten selalu hadir di tengah tengah masyarakat melalui Festival Christmas Hanura ini.

Otniel Deda mengakui antusias peserta dalam mengikuti lomba yospan, vokal group dan hias pondok Natal ini.

“Tahun ini pesertanya banyak sekali dan sangat antusias. Bahkan, masyarakat yang hadir menyaksikan lomba ini di GOR, saya lihat hampir 4 ribu sampai 5 ribu orang. Hampir tempat ini tak bisa menampung. Ini menandakan bahwa masyarakat lomba di Papua menyambut antusias kegiatan yang digelar Partai Hanura,” ujarnya.

Untuk itu, Otniel Deda memberikan apresiasi kepada Ketua DPD Partai Hanura yang memberikan ruang bagi semua kalangan baik pemuda, perempuan, adat dan komponen masyarakat termasuk melalui kegiatan Festival Christmas Hanura ini. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *