Ketua Poksus DPR Papua Apresiasi Pemprov Papua Tengah Bangun Rumah Layak bagi Warga Pomako

Anggota DPR Papua Jhon NR Gobai dalam suatu kesempatan di Pelabuhan Pomako, Mimika, Papua Tengah.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Ketua Kelompok Khusus DPR Papua Jhon NR Gobai mengapresiasi Pj Gubernur Papua Tengah Dr Ribka Haluk, SSos, MM yang telah membangun rumah dan kampung nelayan di Pomako, Kabupaten Mimika.

Jhon Gobai mengaku jika setelah diambil sumpah sebagai anggota DPR Papua akhir tahun 2017, dalam kunjungan kerja perdana ke daerah pengangkatan di Kabupaten Mimika sampai dengan Kabupaten Nabire, di awal tahun 2018 ia sempat mendatangi daerah Pomako khususnya di dekat Pelabuhan.

“Saat itu, saya melihat terdapat perumahan yang perbedaannya yang sangat menyolok perumahan antara masyarakat yang ada di dekat perkotaan dengan mereka yang ada di dekat Pelabuhan Pomako, padahal mereka ini adalah salah satu pemilik adat di wilayah Kabupaten Mimika dimana terdapat sebuah perusahaan raksasa yaitu PT Freeport Indonesia,” kata Jhon Gobai.

Sejak kunjungan itu, Jhon Gobai sering berbincara ke media untuk perlunya dibangun perumahan yang layak huni bagi mereka masyarakat yang ada di Pomako, dengan konsep yang digaungkan adalah adanya sebuah perkampungan nelayan di Pomako yang bisa dijadikan sebagai kawasan wisata bagi masyarakat luar, tapi juga sebagai tempat tinggal bagi masyarakat yang ada di pomako baik mereka yang menetap maupun mereka yang berprofesi nelayan dari kampung-kampung yang ada di sekitar Pomako seperti dari Kekwa dari Atuka dan lain-lain.

Ketika terbentuk Provinsi Papua Tengah, lanjut Jhon Gobai, ia sempat menyampaikan kondisi ini kepada PJ Gubernur Papua Tengah melalui media whatsapp pribadi, terakhir kepada Pj Bupati Mimika, Valentinus Sudarminto.

Pada bulan Oktober 2023 ketika Pj Gubernur Papua Tengah Ribka haluk mengaktifkan Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Pj Gubernur Papua Tengah kemudian mengajak Bupati Mimika untuk meninjau perumahan masyarakat asli Mimika di Pelabuhan Pomako.

“Ketika itu Ibu Pj Gubernur menyatakan akan membangun Perumahan bagi masyarakat nelayan yang ada di sekitar Pomako, yang ke depannya juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata bagi masyarakat di Mimika maupun masyarakat di luar Mimika atau di Papua Tengah dan juga Papua lainnya,” ujarnya.

Hingga pada 23 Januari 2024, Jhon Gobai mengaku mendatangi lokasi Perumahan yang dibangun oleh Pemprov Papua Tengah di Pomako dan melihat sebuah pemandangan yang sangat menarik dari yang dahulu Perumahan kumuh telah berubah menjadi sebuah perumahan yang bagus, perumahan yang modern yang dibangun dengan kesungguhan hati Pj Gubernur Provinsi Papua Tengah.

“Sebagai wakil rakyat yang selama ini menyuarakan perlunya rumah layak bagi masyarakat di sekitar Pomako, Mimika kami menyampaikan banyak terima kasih dan apresiasi yang sungguh-sungguh luar biasa kepada Ibu Pj Gubernur Papua Tengah yang telah membangun 14 unit rumah layak huni. Rumah yang bagus untuk masyarakat yang ada di wilayah Pomako. Semoga Tuhan selalu memberkati Ibu Pj Gubernur dalam perjalanan dan dalam kehidupan baik di kantor maupun dalam keluarga dan juga dalam kehidupan bermasyarakat,” katanya.

Jhon Gobai berpesan kepada PT Freeport Indonesia, Pemerintah Kabupaten Mimika dan YPMAK, agar dapat membangun rumah yang layak seperti yang telah dibangun oleh Pemprov Papua Tengah di sekitaran Pomako dan juga di perkampungan lainnya agar ada rumah yang layak bagi masyarakat, tetapi juga ada sebuah kampung nelayan yang dibangun dengan konsep 3S atau Sagu, Sampan dan Sungai yang merupakan filosofi dari masyarakat Timika khususnya Suku Kamoro. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *