DPW PAN Papua Segera Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah

Ketua DPW PAN Provinsi Papua, Yulianus Rumbairussy, SSos, MM.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Papua bakal segera membuka pendaftaran untuk Calon Kepala Daerah pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024.

Ketua DPW PAN Papua, Yulianus Rumbairussy, SSos, MM mengaku jika memang DPP PAN telah menginstruksikan agar daerah segera membuka pendaftaran calon kepala daerah, apalagi tahapan Pilkada sudah semakin dekat.

“Ya, tadi baru saja ada instruksi dari DPP PAN untuk segera membuka pendaftaran calon kepala daerah baik gubernur, bupati dan walikota, untuk melakukan penjaringan putra putri terbaik bangsa ini untuk menjadi calon pemimpin ya silahkan mendaftar, karena PAN terbuka dan membuka diri untuk itu,” kata Yulianus Rumbairussy, Selasa, 16 April 2024.

Bahkan, pasca libur Idul Fitri 1445 Hijriah, ujar Yulianus Rumbairussy, DPW PAN Provinsi Papua juga telah membentuk Tim Pilkada Provinsi Papua dalam rapat pengurus, baru-baru ini.

“Memang ada aturan partai sesuai hasil Rakernas PAN tahun 2015 yang sudah secara jelas memberikan arahan dan menjadi pedoman bagi kita untuk melaksanakan tahapan–tahapan terkait dengan Pilkada baik provinsi maupun kabupaten/kota. Jadi, dalam waktu secepatnya, karena sudah kita bentuk Tim Pilkada, nanti tim ini yang akan membuka pendaftaran calon kepada daerah,” jelas Yulianus Rumbairussy.

Diakui, dalam rapat pengurus DPW PAN Papua itu, sempat ada dinamika, lantaran proses pemilu belum final, lantaran masih ada yang menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK), namun pihaknya optimis kursi yang diraih PAN baik di provinsi maupun kabupaten.kota dipastikan tidak berubah.

“Ya, memang ada kabupaten, PAN tidak mendapatkan kursi. Dari 9 kabupaten/kota di Papua ini, kita mendapatkan kursi di 6 kabupaten/kota. Di beberapa daerah, PAN nyaris memperoleh kursi signifikan, misalnya 3 kursi seperti di Mamberamo Raya, Waropen dan Biak Numfor,” ujarnya.

Diakui, meski belum membuka pendaftaran secara resmi, namun sudah ada calon kepala daerah yang melakukan komunikasi dengan PAN di kabupaten/kota, sehingga sebagai partai terbuka, PAN akan membuka pendaftaran calon kepala daerah itu melalui mekanisme yang resmi.

“Jadi, silahkan siapa yang mau mendaftar. Karena seperti diketahui, hampir semua partai sama. Ya mungkin kita melalui mekanisme internal disini seperti apa, setelah itu kita memberikan catatan atau rekomendasi kepada calon calon itu untuk dibawa ke DPP PAN,” jelasnya.

Diinternal sendiri, lanjut Yulianus Rumbairussy, banyak kader PAN yang sudah siap untuk maju menjadi calon kepala daerah maupun wakil kepala daerah dalam menghadapi Pilkada Serentak tahun 2024. “Jadi, kader PAN pun yang mau maju, ya silahkan mendaftar dan tentu buat kita di partai secara khusus di PAN itu memang kalau kadernya punya kapasitas, kredibiltas dan kualitas, sesungguhnya itu menjadi prioritas, tapi sekali lagi itu bukan berarti menutup peluang putra putri terbaik bangsa yang ingin maju menjadi kepala daerah melalui PAN,” katanya.

Apalagi, imbuh Yulianus Rumbairussy, tentu saja, masih akan ada lobby-lobby politik lantaran membutuhkan koalisi dengan partai lain dalam menghadapi Pilkada Serentak 2024. “Ya, kita realistis saja. Meski kita punya kader, namun tentu memperhatikan calon lain. Sebab, semua partai menginginkan calon kepala daerah yang diusung itu untuk menang, bukan sekedar gagah gagahan sebagai calon kepala daerah,” imbuhnya.(bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *