Maju Pilbup Jayapura, Dua Putra Terbaik Waibhu Alpius Toam dan Orgenes Kaway Didukung 5 Ondofolo dan 12 Kepala Suku

Dua putra terbaik Waibhu Orgenes Kaway dan Alpius Toam didukung oleh 5 Ondofolo dan 12 Kepala Suku untuk maju dalam Pilbup Jayapura.
banner 120x600
banner 468x60


SENTANI, Papuaterkini.com – Dua putra terbaik Waibhu Kabupaten Jayapura, yakni Alpius Toam dan Orgenes Kaway mendeklarasikan diri bersama masyarakat yang ada di Distrik Waibhu sebagai bakal calon (Balon) Bupati Jayapura untuk maju pada Pilkada Serentak 2024.

Bacabup Jayapura Alpius Toam dikenal sebagai seorang dengan berlatarbelakang dari birokrasi yang sudah malang melintang di eksekutif dengan menjadi Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Jayapura, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Jayapura dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura. Dengan kepiawaian dalam memimpin sebuah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kabupaten Jayapura akan maju.

Satu lagi Putra Waibhu Terbaik yang juga akan maju pada saat Pilkada Kabupaten Jayapura 2024 di Kabupaten Jayapura adalah Origenes Kaway. Sosok yang dikenal dalam sapaan akrabnya di kalangan masyarakat dan juga pendukungnya “Bapa OK”. Putra Waibhu Terbaik ini juga sebagai salah satu Ondofolo di Distrik Waibhu, yakni Ondofolo Kampung Bambar.

Sebagai Anggota DPR Papua dari PKB dan juga salah satu Tokoh Adat Papua asal Kabupaten Jayapura ini, namanya juga cukup dikenal di kalangan masyarakat juga sebagai Ketua Dewan Adat Suku Sentani (DASS).

Dua putra Waibhu terbaik yang sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) Jayapura, yakni Alpius Toam dan Origenes Kaway itu resmi mendeklarasikan diri siap maju pada Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Jayapura.

Deklarasi 2 putra Waibhu Terbaik yang maju sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) Jayapura periode 2024-2029 itu dengan tagline, “Saatnya Waibhu Bersatu Menuju Bhaneyauw Mokho”, yang berlangsung di Obhe Kampung Kwadeware, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat, 26 April 2024.

Usai deklarasi tersebut, lima Ondofolo dan 12 Kepala Suku yang ada di Waibhu menyatakan sikap mendukung kepada 2 putra asal Distrik Waibhu ini untuk maju di Pilkada Serentak Kabupaten Jayapura Tahun 2024 yang dituangkan dalam poin pernyataan sikap.

Kelima Ondofolo yang memberikan dukungan, yakni Kwadeware, Doyo Lama, Yakonde, Sosiri dan Dondai.
“Ya, pernyataan sikap yang telah disampaikan kami dalam acara deklarasi itu sebagai bentuk dukungan kepada dua putra terbaik asal Waibhu,” ucap Ondoporo Igwa-Igwa Teisuru Waibhu, Nixon Tomung Marweri kepada wartawan, Jumat 26 April 2024.

“Yang jelasnya bagi kami itu, kalau tidak satunya yang masuk, berarti salah satunya mesti harus masuk. Jadi, itu sesuai komitmen dari kami kepada mereka apalagi itu juga seperti harga diri kami. Semua suara kami berikan kepada mereka melalui moment terbaik ini,” sambungnya.

Ondopolo Nixon menjelaskan, memang ada dilakukan tradisi pemberian topi Cenderawasih artinya tanda kebesaran. “Itu tanda kebesaran dari kami dan juga ada ceritanya. Sedangkan, pengalungan Noken, artinya pemberian restu dan amanah dari masyarakat adat,” jelasnya.

Sementara itu, Bakal Calon Jayapura, Alpius Toam menjelaskan, deklarasi ini juga sebagai sebuah pernyataan untuk bagaimana dirinya bersama Orgenes Kaway yang dipercayakan masyarakat Waibhu.

“Kami ingin mendengar saran dan juga aspirasi mereka. Makanya kami mengapresiasi kepada semua yang datang hingga memberikan dukungan penuh kepada kami berdua maju dan itu telah dinyatakan,” jelas Alpius Toam.

Sebagai Anak Adat, kata Alpius Toam, inilah tempat yang mesti didatangi. Sebab dua putra terbaik Waibhu ini lahir dan berasal dari kampung yang ada di Distrik Waibhu. Pernyataan ini memberikan semangat dan juga dukungan untuk maju bertarung di Pilkada Kabupaten Jayapura 2024.

“Ini sebuah momentum dan kesempatan apalagi kami berdua memiliki potensi. Masyarakat yang menghendaki kami berdua harus maju bersama-sama, tetapi saat ini masih ada dinamika politik yang masih bergerak. Oleh karena itu, kami berjalan dengan ketentuan siapa yang duluan memiliki dukungan partai nantinya. Pak Origenes di PKB, saya hanya seorang birokrasi yang pastinya akan berjuang dengan batas waktu satu bulan kedepan,” ujarnya.

Ditambahkan, jika diantara salah satu mendapatkan perahu, maka satunya memberikan dukungan. “Melalui momentum ini kami mengajak semua bersatu sebab Kabupaten Jayapura dijadikan sebagai rumah bersama untuk bekerja dan berkontribusi dengan tidak memandang siapa nanti menjadi pimpinan di Kabupaten Jayapura,” imbuhnya.

Bakal Calon Bupati Jayapura, Orgenes Kaway menambahkan, deklarasi ini sebagai bukti bahwa ia bersama Alpius Toam siap untuk bertarung di Pilkada Kabupaten Jayapura.

“Kami dua jalan masing-masing sambil berdoa. Kalau masing-masing tidak sampai pada tujuannya, maka kami akan bersatu lalu bangkit dari Waibhu untuk hadapi semua dan itu sudah komitmen. Makanya demi kepentingan masyarakat Waibhu yang ada di 9 kampung kami siap mempertaruhkan harga diri,” imbuhnya. (qis/irf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *