Nyalon Bupati Jayapura, Alfius Toam Ambil Formulir Pendaftaran di PDI Perjuangan

Alfius Toam bersama tim menerima formulir pendaftaran calon Bupati Jayapura di Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jayapura, 18 April 2024.
banner 120x600
banner 468x60

SENTANI, Papuaterkini.com – Alpius Toam, tampaknya akan maju dalam bursa calon kepala daerah periode 2024 – 2029 di Kabupaten Jayapura. Untuk itu, Alfius Toam menyambangi Kantor Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jayapura, Jalan Raya Doyo Baru-Depapre, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis, 18 April 2024.

Di hari pertama bursa penjaringan bakal calon kepala daerah maupun wakil kepala daerah di DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jayapura yang telah resmi dibuka ini, Alpius Toam menjadi calon kepala daerah yang pertama mengambil formulir pendaftaran di PDI Perjuangan Kabupaten Jayapura.

Usai mengambil formulir pendaftaran, Alpius Toam mengaku siap maju dalam bursa pemilihan calon kepala daerah di Kabupaten Jayapura.

“Saya siap lahir batin untuk masuk dalam kandidat (bakal) calon Bupati Jayapura periode 2024-2029 itu apapun keadaannya. Untuk itu, saya sudah mempersiapkan diri guna maju sebagai calon Bupati Jayapura. Ketika saya mendapatkan informasi ini, saya terlebih dahulu datang pada hari ini dan saya sebagai orang pertama yang datang di Sekretariat DPC PDIP Kabupaten Jayapura untuk mengambil berkas pendaftaran,” kata Alpius Toam.

Alfius Toam mengaku jika ia mengambil formulir pendaftaran calon kepala daerah ini, lantaran baru PDI Perjuangan yang membuka pendaftaran dan ia akan mendaftar ke partai lain jika pendaftaran sudah dibuka.

“Saya datang tidak sendiri, karena saya diusung oleh 10 Pengurus Anak Cabang (PAC) PDIP yang ada di Kabupaten Jayapura dan tadi setelah saya mengambil berkas pendaftaran, mereka juga sudah menyerahkan surat dukungan (diusung) dari 10 PAC PDIP di Kabupaten Jayapura kepada DPC PDIP Kabupaten Jayapura. Artinya, saya kesini tidak sendirian karena datang dalam dukungan atau usungan 10 PAC tersebut,” terang Alpius Toam.

“Selain itu, nantinya juga akan melihat partai politik lain yang bakal membuka pendaftaran itu saya siap untuk mendaftarkan diri sambil mengikuti seluruh proses yang ada. Jadi, khusus untuk PDIP hari ini sudah memberikan formulir pendaftaran yang nantinya saya akan lengkapi sebagai syarat untuk mendaftar secara umum dan secepatnya saya akan lengkapi untuk serahkan kembali persyaratan pendaftaran dalam satu atau dua hari kedepan. Sehingga itu bisa menjadi bahan pertimbangan dari pengurus PDIP guna berproses,” sambungnya.

Yang jelas, Mantan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Jayapura ini, siap mendafarkan diri sebagai calon kepala daerah melalui partai politik lain jika mereka sudah membuka pendaftaran penjaringan kepala daerah secara resmi.

Alfius Toam mengakui jika pihaknya bersama tim akan terus melakukan komunikasi atau lobi dengan partai politik dan ia menargetkan bisa mendapatkan 5 – 6 kursi dari partai politik sebagai syarat untuk lolos mencalonkan diri sebagai Bupati Jayapura.

“Untuk lobi partai politik itu biasa, yang pastinya sejak beberapa waktu lalu kita sudah komunikasi. Tetapi, saya hari mengikuti tahapan proses pendaftaran sambil melakukan komunikasi-komunikas politik seperti biasa. Saya tidak sendiri dalam proses ini, karena ada teman-teman tim lain yang memberikan dukungan kepada saya dan mereka juga ikut membantu dalam persiapan proses pendaftaran di partai-partai lain yang dinyatakan lolos maupun mendapatkan kursi di DPRD Kabupaten Jayapura,” imbuh Mantan Kepala Dinas Pendidikan ini.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jayapura, Isaias Mara mengatakan, jika PDI Perjuangan sudah membuka pendaftaran penjaringan calon kepala daerah dalam Pilkada tahun 2024 ini.

“Kami sudah siap menerima bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah. Namun yang akan menentukan dan mengeluarkan rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan. Secara resmi kami sudah serahkan berkas formulir pendaftaran kepada pak Alpius Toam sebagai bakal calon Bupati Jayapura. Sesuai aturan dan mekanisme partai, bagi siapapun bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Jayapura yang ingin mendaftar di PDIP itu wajib datang langsung mengambil dan mengisi formulir pendaftaran secara sendiri di sekretariat kami,” kata pak Is sapaan akrabnya.

Adapun batas pengambilan formulir tersebut, lanjut Anggota Penjaringan Pilkada Kabupaten PDI Perjuangan ini, telah ditetapkan mulai tanggal 18 April 2024 hingga 2 Mei 2024.

“Jadi, semua pendaftar akan kami kirim ke DPD untuk dijaring. Kemudian, hasil penjaringan oleh DPD akan dikirim ke DPP PDI Perjuangan, untuk menentukan siapa yang layak mendapatkan rekomendasi dari partai. Selain itu, dengan tegas kami tidak menerima pendaftar yang diwakilkan. Jadi, setiap pendaftar harus datang sendiri, baik itu sebagai bakal calon kepala daerah atau wakil kepala daerah. Bahkan, kalau sudah ada pasangannya bisa langsung juga mendaftar secara bersamaan,” imbuhnya. (irf/bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *