Diarak Puluhan Tokoh Adat, Mathius Awoitauw Daftar di Partai NasDem

Balon Papua, Mathius Awoitauw ketika menyerahkan berkas pendaftaran kepada Tim Panitia Seleksi Bakal Calon Kepala Daerah dan Bakal Calon Wakil Kepala Daerah se Provinsi Papua DPW Partai NasDem Papua, di Kantor DPW Partai NasDem Papua, Sentani, Selasa, 7 Mei 2024.
banner 120x600
banner 468x60


SENTANI, Papuaterkini.com – Mantan Bupati Jayapura dua periode, Mathius Awoitauw mendaftar ke DPW Partai NasDem Papua sebagai bakal calon gubernur untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024.

“Hari ini merupakan hari terakhir, maka itu kami datang mendaftar sebagai syarat maju sebagai bakal calon Gubernur Papua untuk mendapat rekomendasi partai,” kata Mathius Awaoitauw usai menyerahkan berkas.

Kedatangan Pencetus Kampung Adat di Kabupaten Jayapura ini diarak puluhan tokoh adat dan masyarakat adat Papua ketika mendatangi Kantor DPW Partai NasDem Papua, guna mendaftar sebagai Bacagub Papua.

Kehadiran Mathius Awoitauw dan tim pemenangannya itu, disambut oleh Ketua Panitia Seleksi Bakal Calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah se Provinsi Papua DPW Partai NasDem Papua, Herlin Beatrix Monim dan sejumlah panitia seleksi DPW Partai NasDem Papua.

Kedatangan MA, sapaan akrabnya ini, guna mengembalikan berkas formulir pendaftaran sebagai syarat bakal calon Gubernur Papua untuk mendapatkan rekomendasi partai besutan Surya Paloh tersebut.

Dalam kesempatan itu, Mathius Awoitauw yang juga Ketua DPW Partai NasDem Papua ini, menyinggung jika Partai NasDem sendiri akan mengusung satu pasangan bakal calon gubernur bersama koalisi, dimana partai yang getol dengan Gerakan Restorasi ini memiliki tujuh kursi di DPR Papua dan hanya tinggal menambah tiga kursi dari partai koalisi.

“Partai NasDem akan mengusung calon gubernur. Kami tidak bisa membangun Papua sendiri, tetapi kami akan bersama partai politik lain untuk membangun Papua,” ujarnya.

Pendaftaran bagi Penggagas Kebangkitan Masyarakat Adat Tabi, Papua ini merupakan langkah ketujuh yang ditempuhnya, karena sebelumnya MA sudah melakukan road show untuk mendaftar di sejumlah partai politik seperti Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, PKB, PKS, Partai Perindo dan PSI.

“Jadi, kami sudah mendaftar di sejumlah partai. Ya kita lihat kedepannya seperti apa. Kalau sembilan kursi itu NasDem bisa mengusung calon gubernur dan wakil gubernur Papua,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Seleksi Bakal Calon Kepala Daerah dan Bakal Calon Wakil Kepala Daerah se- Provinsi Papua DPW Partai NasDem Papua, Herlin Beatrix Monim menyampaikan, bahwa pihaknya sudah menerima pendaftaran beberapa bakal calon gubernur, yang telah mengembalikan berkas formulir pendaftarannya.

“Ada tiga (bakal) calon gubernur dan dua bacalon wakil gubernur. Usai menerima berkas formulir pendaftaran dari para bakal calon, berkasnya akan dibawa ke DPP untuk dilakukan verifikasi kelayakan setelah kami lakukan pleno di DPW, guna mendapatkan rekomendasi DPP sebagai syarat calon gubernur dan wakil gubernur,” imbuhnya. (irf/bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *