DPR Papua Minta Pemprov dan KONI Bahas Kebutuhan Anggaran untuk PON Aceh dan Sumut  

Ketua DPR Papua Jhony Banua Rouw, SE.
banner 120x600
banner 468x60


JAYAPURA, Papuaterkini.com – Ketua DPR Papua Jhony Banua Rouw, SE meminta Pemprov Papua atau eksekutif bersama KONI Provinsi Papua untuk segera membahas kebutuhan anggaran untuk kontingen Papua mengikuti PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara.

“Soal besarannya berapa, itu yang tahu persis adalah eksekutif. Prinsipnya kita mau PON Aceh dan Sumut, Papua ikut,” tegas Jhony Banua Rouw menjawab Papuaterkini.com, Jumat, 24 Mei 2024.

“Soal berapa biaya besarannya, kami minta pihak eksekutif bersama-sama dengan KONI membahas secara teknis, supaya berapa yang memang patut kita berikan dan sesuai dengan kemampuan keuangan kita,” sambungnya.

Jhony juga menegaskan bahwa DPR Papua sangat mendukung kebijakan anggaran terkait PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara. Hanya saja, DPR Papua saat ini masih menunggu dari pihak eksekutif.

Bahkan, DPR Papua mendukung adanya pergeseran anggaran atau mendahului APBD dalam upaya untuk mengikuti PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara.

“Soal surat Mendagri, kita setuju, pergeseran itu harus dilakukan pihak eksekutif. Prinsipnya kalau itu diusulkan, kami juga DPR akan memprioritaskan untuk PON nanti,” ujarnya.

Apa sudah ada pengusulan dari eksekutif? JBR mengatakan, kemungkinan eksekutif masih menunggu LHP BPK RI yang akan diserahkan 6 Juni 2024 dan akan dilanjutkan dengan LKPJ Gubernur.

“Saya pikir, baiknya Pemprov Papua dalam hal ini eksekutif, dalam waktu singkat ini bisa melakukan pergeseran-pergeseran anggaran atau mendahului APBD. Itu bisa saja dilakukan, selama diusulkan pihak eksekutif. Sebab, soal teknis berapa biaya dan besaran, itu menjadi tanggungjawab eksekutif yang disampaikan ke kami. Pada prinsipnya, kami dewan mendukung semoga PON Aceh dan Sumut nanti, kita Papua bisa ikut berpartisipasi dan berhasil mempertahankan prestasi,” paparnya.

Yang jelas, JBR sapaan akrabnya, menegaskan bahwa pada prinsipnya DPR Papua mendukung agar semua atlet Papua bisa ikut dalam PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara.

“Tapi prinsipnya kita mendukung supaya semua atlet kita bisa ikut PON Aceh dan Sumut. Masa habis PON XX di Papua, disana kami tidak ikut. Ini juga soal harga diri Papua,” tandasnya. 

JBR mengatakan secara pribadi tentu sangat mendukung keikutsertaan Papua dalam PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara. Apalagi, ia merupakan mantan Wakil Ketua KONI Papua, Ketua Satgas Prestasi PON di Jawa Barat dan Ketua Cabang Olahraga Menembak, tentu sangat mendukung Papua ikut PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara.

“Dan, dalam kapasitas sebagai Ketua DPR Papua, saya akan tetap mendukung supaya ade ade kita yang sudah mengorbankan waktu dan tenaga mereka sudah berlatih dengan sungguh-sungguh dan ikut pra PON dan mereka yang lolos ini bisa ikut PON Aceh dan Sumut dengan baik.
Kita berharap itu bisa terjadi,” imbuhnya. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *