Poksus DPR Papua Usulkan Subsidi Penerbangan Perintis Sejumlah Rute di 4 Kabupaten

Anggota DPR Papua Pengangkatan Wilayah Adat Meepago, Jhon NR Gobai.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Ketua Kelompok Khusus (Poksus) DPR Papua, Jhon NR Gobai mengatakan bahwa di Papua ada daerah pesisir, rawa dan pegunungan, akses jalan darat belum merata, akses transportasi laut dan sungai belum merata.

Padahal, kata Jhon Gobai, pelayanan kesehatan harus mulai dari distrik, nakes, guru, pegawai distrik harus ada dan menetap di semua distrik. Agar bisa mereka bekerja dengan baik, maka tranportasi harus disediakan agar mereka bisa pergi ke tempat tugas dan menetap di sana dan bisa ke kota dan mobilisasi barang bisa masuk distrik.

Menurutnya, masalah kesehatan dan pendidikan dapat merata sampai ke pelosok bila ada sarana transportasi.

“Dengan kondisi ini, pelayanan pendidikan dan kesehatan pasti tidak merata, pemerintah pusat telah membantu dengan subsidi perintis angkutan darat, udara dan laut. Karena itu, kami selalu sampaikan perlu ada subsidi transportasi juga oleh pemerintah daerah untuk mereka yang ada jauh dari kota, bukan sekedar kunjungan kunjungan pemerintah atau dokter dan guru terbang atau terapung, tapi pemerintah distrik, guru dan tenaga kesehatan yang menetap di distrik,” kata Jhon Gobai, Selasa, 7 Mei 2024.

Sesuai dengan pemantauan kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi perintis, Jhon Gobai mengaku telah bertemu dengan Direktorat Angkutan Udara, Dirjen Perhubungan Udara, Kementrian Perhubungan, soal trayek baru dari korwil Nabire untuk penerbangan perintis tahun 2025 di Provinsi Papua Tengah.

“Usulannya yakni subsidi penerbangan perintis di Kabupaten Dogiyai, yakni dengan rute Nabire – Moanemani – Unito – Distrik Sukikai Selatan, Nabire – Moanemani – Apouwo, Distrik Piyaie. Subsidi Penerbangan Perintis di Kabupaten Paniai yakni Nabire – Enarotali – Bogobaida, Nabire – Enarotali – Duma,: ujar Jhon Gobai.

Selain itu, subsidi penerbangan perintis di Kabupaten Nabire yakni Nabire – Dipa dan Nabire – Menou. Sedangkan, untuk subsidi penerbangan perintis di Kabupaten Intan Jaya yakni rute Nabire – Sugapa – Agisiga dan Nabire – Sugapa – Bugala.

“Demikian usulan, sebagai wakil rakyat, kami mengusulkan demi memunuhi kebutuhan dan kepentingan masyarakat,” imbuhnya. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *