Pengurus Federasi Youth Band Indonesia 5 Kabupaten/Kota di Papua Dilantik 

Ketua FBYI Papua Muhammad Yusup melantik pengurus FBYI 5 kabupaten/kota di Papua.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Pengurus Federasi Youth Band Indonesia (FBYI) Kabupaten Keerom, Sarmi, Biak, Jayapura dan Kota Jayapura dilantik oleh Ketua FBYI Papua, Muhammad Yusuf di Grand Abe Hotel, Kota Jayapura, Minggu, 9 Juni 2024.

Selain itu, Ketua FBYI Papua Muhammad Yusuf juga mengukuhkan 20 orang Pegiat Internasional Rome Parade Italia periode 2024 – 2025, yang akan berangkat pada Desember 2024. Mereka berasal dari SMA Negeri 1 Kota Jayapura 5 orang, 3 orang dari SMA Negeri 2, 2 orang dari SMK Sentani, 7 orang pengurus FBYI dan 4 pelatih dan 1 orang offical.

Mereka akan mengikuti parade dalam rangka ulang tahun Kota Rome di Italia pada Desember 2024, dimana mereka mengundang Pengurus Pusat FBYI untuk meramaikan acara tersebut, termasuk salah satunya dari FBYI Papua, selain itu dari DKI Jakarta, Lampung, Sumatera Barat dan Kalimantan Timur.

Ketua FBYI Papua, Muhammad Yusuf mengatakan, FBYI Provinsi Papua dilantik pada 11 Februari 2023, telah melakukan berbagai program seperti mengadakan lomba drum band tingkat SD, SMP dan SMA serta mengadakan pentas seni tingkat TK.  

“FBYI Papua mendukung penuh program-program FBYI pusat termasuk mengikuti International Rome Parade Italia tahun 2024 – 2025,” katanya.

Diungkapkan, untuk mengikuti International Rome Parade Italia itu, pengurus FBYI Papua telah melakukan seleksi di Kodam Lama Jayapura pada 5 Maret 2024.

“Seleksi peserta International Rome Parade Itali 2024 – 2025 itu, langsung dilakukan ketua umum FBYI dan kepala bidang teknis. Yang dinyatakan lulus seleksi ada 20 orang,” ujarnya.

Ia berharap terbentuknya kepengurusan FBYI di 5 kabupaten/kota itu bisa menjadi semangat bagi para pegiat marcing band dan drum band di Papua agar semakin eksis ke depan.

Diungkapkan, drum band di sekolah-sekolah di Papua sudah cukup banyak. Untuk TK saja ada 30 sekolah yang memiliki alat drum band atau marcing band, sedangkan untuk SMP dan SMA terdapat 30 unit.

“Ada yang sekolah aktif, namun belum aktif atau vakum dan masih mencari pelatih,” imbuhnya. 

Ketua FBYI Papua Muhammad Yusuf dan Sekum KORMI Papua Simson Rumbiak foto bersama Pegiat International Rome Parade Italia 2024 – 2025 di Grand Abe Hotel, Minggu, 9 Juni 2024.

Sementara itu, Sekretaris Umum KORMI Papua, Simson Rumbiak berharap dapat segera melantik kepengurusan FBYI pada 4 kabupaten yang belum terbentuk kepengurusannya.

“Saya berharap 4 kabupaten lainnya segera terbentuk kepengurusannya. Ini bertujuan supaya FBYI lebih terkenal lagi di Provinsi Papua,” katanya.

Yang jelas, imbuh Simson Rumbiak, KORMI Papua akan mendukung FBYI Papua dalam berbagai kegiatan dalam pembinaan dan pengembangan drum band dan marcing band di Papua.

“Diharapkan FBYI dapat mengikuti event Kornas tingkat nasional di NTB pada tahun 2025, jika Tuhan berkehendak, FBYI punya persiapan bagus baik perorangan maupun beregu bisa terlibat pada acara tersebut,” imbuhnya. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *