DPRP Minta Pemprov Prioritaskan Anggaran Kontingen Papua di PON XXI Aceh dan Sumut

Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw, SE.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw, SE menegaskan bahwa keikutsertaan kontingen Papua dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) tahun 2024 tetap jalan.

Bahkan, Jhony Banua Rouw mengakui jika DPR Papua sudah meminta kepada Pemprov Papua dalam hal ini Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk fokus dan memprioritaskan anggaran bagi kontingen PON Papua itu.

“Kita sudah minta kepada pemerintah daerah dalam hal ini TAPD. Di rapat paripurna kemarin, kami pun sudah meminta untuk menjadi fokus dan perioritas bagi Provinsi Papua untuk menganggarkan,” kata Jhony Banua Rouw di Wisma Atlet Papua, Mandala, Kota Jayapura, Senin, 1 Juli 2024. 

Jhony Banua Rouw yang akrab disapa JBR ini mengakui juga bahwa DPR Papua telah menerima proposal dari KONI Papua dan DPR Papua sudah menyampaikan kepada TAPD Provinsi Papua.

JBR berharap Pemprov Papua bisa menyelesaikan kebutuhan anggaran untuk kontingen Papua dalam mengikuti PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara pada September 2024.

“Sebab, soal verifikasi berapa besar kebutuhan kontingen PON itu, menjadi tanggungjawab TAPD dengan KONI. Prinsipnya DPR Papua mendukung, sehingga PON bisa jalan,” tegasnya. 

Bahkan, lanjut JBR, DPR Papua siap memberikan ijin prinsip mendahului APBD. Apalagi, mengingat waktu pelaksanaan PON XXI di Aceh dan Sumut sudah semakin dekat.

“Jika sampai saat ini APBD Perubahan belum masuk, sedangkan PON ada di bulan September 2024, itu artinya tinggal 2 bulan lagi, sehingga bisa saja kita minta untuk mendahului APBD. Itu boleh, silahkan pihak pemerintah mengajukan ke kami. Prinsipnya DPR Papua mendukung itu.” tandasnya.

Soal usulan Banggar DPR Papua agar Pemprov Papua mengalokasikan anggaran Rp 120 miliar untuk membiayai kontingen Papua pada PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara, Jhony meminta untuk menunggu usulan eksekutif.

“Kita tunggulah, karena itu ranahnya pihak eksekutif mengusulkan dalam APBD, nanti kita bahas lebih detail dan kita menunggu angka dari pihak eksekutif,” pungkasnya. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *