Tiga Pimpinan DPRD Mamberamo Raya Periode 2019-2024 Dilantik

  • Whatsapp
Ketua Pengadilan Negeri Jayapura, Khamin Thahari, SH, MHum melantik tiga pimpinan DPRD Mamberamo Raya periode 2019-2024 di Suni Lake Garden Hotel & Resort, Jayapura, Jumat, 11 September 2020.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Setelah menunggu hampir empat bulan, akhirnya tiga pimpinan DPRD Kabupaten Mamberamo Raya periode 2019 – 2024 resmi dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri Jayapura, Khamin Thahari, SH, MHum dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Mamberamo Raya di Suni Garden Lake Hotel & Resort, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat, 11 September 2020.

Elias Basutey, SPd resmi menjadi Ketua DPRD Mamberamo Raya disusul Matius Fuyeri sebagai Wakil Ketua I DPRD Mamberamo Raya dan Oktovianus Meop sebagai Wakil Ketua II DPRD Mamberamo Raya.

Bacaan Lainnya

Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa, AKs, SSos dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Mamberamo Raya, Suwita, SSos, MEc.Dev menyampaikan selamat kepada unsur pimpinan DPRD Mamberamo Raya yang telah dilantik.

Selaku Bupati, Dorinus Dasinapa mengharapkan selaku mitra sejajar unsur pemerintah daerah sebagaimana pasal 57 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentag Pemerintahan Daerah, ia mengajak kepada pimpinan DPRD yang baru mengucapkan sumpah janji sebagai ketua dan wakil ketua DPRD untuk bersama-sama melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan, melaksanakan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan kapasitas dan kapablitas tugas dan tanggungjawab masing-masing sesuai peraturan perundang-undangan.

Dengan telah dilantiknya pimpinan dewan sesuai UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MP3 Pasal 377 ayat 5 yang menyatakan bahwa pimpian DPRD sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah janji dipandu ketua Pengadilan Negeri, selaku bupati, Dorinus Dasinapa berharap pimpinan dan anggota dewan dapat membahas dan menetapkan kebijakan daerah dalma bentuk peraturan daerah sebagai wujud pelaksanaan tugas dan fungsi kedewanan bersama eksekutif.

“Kita semua berharap kepada pimpinan dan anggota DPRD yang merupakan kader partai politik, sudah siap dan sanggup memposisikan dirinya agar proporsional dan professional dalam tugas dan tanggungjawab sebagai unsur penyelenggara pemerintah,” kata Bupati Dasinapa.

Harapan itu, imbuh Bupati Dasinapa, disampaikan dalam rangka menjaga kondisi dan situasional daerah agar tetap kondusif dalam menghadapi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mamberamo Raya tahun 2020.

Sementara itu, Ketua DPRD Mamberamo Raya, Elias Basutey, SPd dalam sambutannya mengatakan, jika pihaknya bersyukur akhirnya unsur pimpinan DPRD Mamberamo Raya dilantik.

“Untuk menjalankan tugas kami, setelah pelantikan ini kami akan menggelar paripurna penetapan alat kelengkapan dewan dan tata tertib yang telah kami bahas untuk ditetapkan dan dikonsultasikan,” kata Elias Basutey.

Politisi Partai Golkar ini meminta dukungan dan bantuan semua anggota dewan dan eksektif guna menjalankan tugas dan tanggungjawab ini sampai selesai.

“Harapan kami selaku unsur penyelenggara pemerintahan daerah,kami ingin membangun sinergi dan kerjasama antara DPRD dan pemerintah untuk mencapai tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Mamberamo Raya,” ujarnya.

Usai pelantikan, Elias Basutey mengatakan, pasca pelantikan pimpinan DPRD Kabupaten Mamberamo Raya definitive, ada sejumlah agenda kegiatan yang harus diselesaikan dalam beberapa bulan ke depan.

“Dalam kesempatan ini, kami selaku unsur pimpinan meyampaikan kepada seluruh masyarakat, pemerintah harus mendukung kami antara lain, kita harus menyelesaikan sidang LKPJ, sidang APBD Perubahan dan kita akan tetapkan APBD induk 2021,” katanya.

Diakui, meski pelantikan unsur pimpinan DPRD Mamberamo Raya ini terlambat, namun tiga unsur pimpinan DPRD Mamberamo Raya siap untuk mengejar waktu yang sisa menyelesaikan beberapa agenda terkait pemerintah daerah.

“Kami juga akan segera mengesahkan tata tertib dan alat kelengkapan dewan. Setelah itu, kami akan menyurat kepada pemerintah untuk segera menyiapkan materi LKPJ, sehingga dalam waktu dekat bisa dibahas dan ditetapkan, termasuk materi APBD perubahan,” imbuhnya.

Dalam rapat paripurna ini, sebelumnya Wakil Ketua Sementara DPRD Mamberamo Raya, Matius Fuyeri menyerahkan palu sidang kepada Ketua DPRD Mamberamo Raya, Elias Basutey. (bat)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *