Jadi Icon Papua, Jembatan Holtekamp Bakal Dipercantik

Maket Jembatan Holtekamp, Kota Jayapura.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Jembatan Holtekamp, yang menghubungkan Hamadi dengan Muaratami, Kota Jayapura, ditargetkan akan selesai dibangun akhir tahun 2018. Jembatan Holtekamp yang membentang di Teluk Humbolt Kota Jayapura itu, akan menjadi icon dan destinasi pariwisata di Kota Jayapura, Papua.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Papua, Ir H Osman H Marbun, MMT mengatakan, jika Jembatan Holtekamp, Kota Jayapura jika telah selesai pada tahun 2018, akan dipercantik agar menjadi tempat tujuan pariwisata.

Bahkan, Jembatan Holtekamp itu, bakal dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum untuk menunjang sebagai icon wisata baru di Kota Jayapura, Papua.“Nanti akan dimodifikasi dan diperindah agar menjadi icon wisata,” kata Osman Marbun, baru-baru ini.

Nantinya, kata Osman Marbun, akan ada taman, fasilitas umum, tempat duduk santai, jet sky atua selancar dibawah jembatan tersebut.

Yang akan memperindah lokasi itu, lanjut Osman Marbun, nantinya akan dilakukan oleh Direktorat Jeneral Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum RI yang akan mendesainnya.

“Bagian pantai bisa saja dijual ke investor, misalnya dengan membangun cotage – cottage atau penginapan. Silahkan kalau begitu,” katanya.

Hanya saja, kata Osman Marbun, untuk pembangunan atau memperindah lokasi tersebut, tentu akan menunggu selesainya pembangunan Jembatan Holtekamp tersebut.

Terkait retribusi, ujar Osman Marbun, nantinya diserahkan kepada pemerintah daerah. “Ya, tetap diserahkan ke pemerintah daerah,” ujarnya.

Yang penting, imbuh Osman Marbun, jika itu menjadi daerah tujuan wisata, masyarakat di sekitarnya bisa melakukan usaha untuk meningkatkan perekonomiannya dengan menjual souvenir, makanan atau kuliner dan lainnya, apalagi difasilitasi dengan kios-kios yang dibangun pada fasilitas umum nantinya.

“Ya, semua fasilitas – fasilitas umum tempat orang santai dan rekreasi, itu bagian dari memperindah Jembatan Holtekamp,” imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden RI, Ir Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana, meninjau Jembatan Holtekamp, Jayapura Papua, Kamis, 12 April 2018. Selain Ibu Negara, Jokowi didampingi Mensesneg Pratikno dan istri, Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimujono, menyempatkan untuk mengelilingi jembatan menggunakan kapal.

Jokowi mengatakan, akhir 2018 ini diharapkan pembangunan jembatan sudah rampung dan bisa digunakan oleh masyarakat.

“Dengan panjang jembatan 732 meter dan tambah bentangan kanan kiri jalan 7.800 meter, saya kira ini menjadi jembatan yang paling panjang yang kita harapkan akan menumbuhkan titik perekonomian baru di Jayapura dan sekitarnya,” kata Jokowi.

Jembatan ini juga memperpendek jarak tempuh dari Kota Jayapura ke Skouw. Biasanya ditempuh 2 jam 30 menit menjadi hanya 1 jam.

“Kami harapkan juga selain titik pertumbuhan ekonomi baru, kawasan di sekitar jembatan ini juga menjadi tempat wisata yang indah, yang cantik, yang bagus yang bisa mendatangkan wisata,” ujar Jokowi.

Jembatan itu mulai dikerjakan pada Mei 2015. Saat ini, progres pembangunannya sudah mencapai lebih dari 80 persen. Lokasi Jembatan Holtekamp berada di Pantai Hamadi. Melewati Kampung Tobati dan Enggros. Dengan adanya jembatan ini, akses warga yang sebelumnya menggunakan perahu, bisa melalui akses jembatan. (bat)

 

Tinggalkan Balasan