Kota Jayapura Jadi Barometer dan Pusat Studi bagi Daerah Lain di Papua

Sejumlah pegawai dari Kantor PTSP Kabupaten Sorong saat disambut Walikota Jayapura. Mereka akan magang dan studi banding selama 5 hari di Kota Jayapura (foto: Humaskota/Papuaterkini.com)

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Dengan jumlah penduduk mencapai 418.518 jiwa, Kota Jayapura selain sebagai barometer pembangunan di segala bidang di ibukota propinsi juga sebagai kota jasa perdagangan serta pendidikan.

Hal tersebut juga dibuktikan dengan sejumlah pencapaian penghargaan pemerintahan yang diterima kota ini dari pemerintah pusat.

Sebagai contoh sejumlah kabupaten dan kota di Papua dan Papua Barat juga melakukan studi banding ke kota yang tengah berbenah menuju sebagai kota ‘Smart City‘ ini.

Selasa (23/10) kemarin, Kantor BPTSP Kabupaten Sorong juga tengah belajar selama 5 hari di kota ini yang disambut langsung oleh Wali Kota Jayapura, DR Benhur Tomi Mano, MM di ruang kerjanya.

Pembangunan berkelanjutan tidak bisa terlepas dari pemanfaatan ruang wilayah beserta potensi sumber daya bagi tujuan pembangunan manusia.

Kemudian agenda utama pembangunan berkelanjutan merupakan upaya dalam rangka memadukan, mengintegrasikan dan memberi bobot yang sama pada tiga pilar utama yakni, ekonomi, sosial budaya dan lingkungan hidup.

“Pembangunan berwawasan kependudukan yakni pembangunan yang dipusatkan pada masyarakat yang direncanakan dengan memperhatikan kondisi dan dinamika penduduk” kata Wali Kota Tomi Mano, pada sosialisasi dan strategi kebijakan pembangunan itu. (ab)

Tinggalkan Balasan