Pemkab Jayapura Minta Pertamina Berdayakan BUMKam untuk Kelola Pertashop

Kadisperindag Kabupaten Jayapura, Theopilus H Tegai.
banner 120x600
banner 468x60

SENTANI, Papuaterkini.com  – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Jayapura meminta PT Pertamina MOR VIII Jayapura memberdayakan Badan Usaha Milik Kampung (BUMKam) untuk mengelola Pertashop.

Hal ini disampaikan Kadisperindag Kabupaten Jayapura, Theopilus H Tegai usai pertemuan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, MM bersama Sales Branch Manager PT Pertamina MOR VIII Papua – Maluku, Andi Reza Ramadhan lembaga penyalur BBM dan 13 OPD Teknis di Lingkungan Pemkab Jayapura di ruang rapat Wakil Bupati Jayapura, Rabu, 13 April 2022.

“Dalam pertemuan tapi, bapak Bupati Jayapura menyampaikan apakah bisa pihak Pertamina memberdayakan BUMKam (Badan Usaha Milik Kampung) yang ada di beberapa kampung untuk bisa mengelola Pertashop?,” kata Theopilus Tegai kepada wartawan.

“Sebagai contoh di beberapa titik yang sudah ada, seperti kemarin ada peresmian Pertashop di Kampung Kanda, Distrik Waibhu. Tahun lalu, di Kampung Benyom Jaya I, Distrik Nombokrang, itu melalui BUMKam juga menghadirkan Pertashop,” sambungnya.

Dikatakan, Pemkab Jayapura menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pertamina yang sudah hadir memenuhi undangan ini. Sebab, dari pembahasan teknis itu, Pemkab Jayapura mendapatkan penjelasan langsung dari Pertamina.

Theopilus menegaskan, berkaitan dengan tugas Disperindag salah satunya untuk menjaga stabilitas harga dan perlindungan konsumen sesuai Undang-Undang, Disperindag diberi tugas untuk melakukan tera atau tera ulang.

“Itu termasuk selang yang ada di SPBU itu, juga akan kita periksa keamanannya sebagai upaya perlindungan kepada konsumen,” tutur mantan Kepala Bappenda Kabupaten Jayapura ini.

Pertemuan yang dipimpin Bupati Jayapura Mathius Awoitauw ini, membahas tentang program POM BBM Mini atau Pertamina Shop (Pertashop) di wilayah Kabupaten Jayapura.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw dalam arahannya meminta OPD tehnis yang berkaitan dengan bagaimana membangun perekonomian masyarakat kampung dengan menghadirkan Pertamina Shop (Pertashop) atau POM BBM Mini, yang sekarang menjadi program Pertamina di semua wilayah khususnya juga di Kabupaten Jayapura.

Karena itu, PT Pertamina (Persero) sebagai BUMN mempunyai mandat dan tanggung jawab untuk menyediakan BBM dan LPG ke seluruh pelosok negeri, baik di perkotaan maupun di perdesaan, termasuk di wilayah 3T (Terdepan, Tertinggal dan Terluar).

Kontribusi dan komitmen tersebut dibuktikan Pertamina melalui dua program unggulan yakni, Pertashop dan BBM Satu harga.

Pertashop merupakan Lembaga penyalur Pertamina berskala kecil yang disiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM Non subsidi, Elpiji Non Subsidi, Pelumas, dan produk pertamina ritel lainnya yang belum terlayani oleh Lembaga Penyalur Pertamina. (irf)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *