banner 728x250

Perayaan Paskah IKT di Bukit Efata, Bupati Awoitauw Sumbang Dana untuk Bangun Tongkonan

Nampak suasana perayaan Ibadah Paskah IKT Kabupaten Jayapura, di Bukit Demongkray, Doyo Lama, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Sabtu, 23 April 2022.
banner 120x600
banner 468x60

SENTANI, Papuaterkini.com  – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, MSi, yang diwakili Sekda Kabupaten Jayapura, Dra. Hanna S. Hikoyabi, SPd, MKP, menghadiri perayaan Paskah Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Kabupaten Jayapura di Bukit Efata, Doyo Lama, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Sabtu, 23 April 2022.

Sekda Kabupaten Jayapura, Hanna Hikoyabi menyambut gembira dan merespon positif terselenggaranya kegiatan ini, sebagai wujud nyata kuatnya tekad persaudaraan, persatuan dan kesatuan warga Toraja di Kabupaten Jayapura.

banner 325x300

“Jadi, saya menghadiri perayaan Paskah IKT Kabupaten Jayapura ini atas perintah dari pak Bupati Jayapura. Perayaan Paskah IKT ini sangat bagus, karena dilakukan dengan penuh kekompakan. Begitu juga yang disajikan dalam perayaan Paskah itu, semuanya bernuansa lokal yakni bernyanyi menggunakan bahasa, menggunakan pakaian daerah beserta pernak-perniknya dan menampilkan ciri khas seperti miniatur Tongkonan, sehingga kesan adat Toraja begitu kental di perayaan Paskah kali ini,” katanya.

Dikatakan, kesan adat Toraja yang kental itu, memberitahukan bahwa yang ada disini agar tidak meninggalkan adat istiadat.

“Jadi, kita harus kasih tunjuk adat kita yang beda dengan adat Toraja yang ditampilkan di Bukit Demongkray (bahasa setempat) yang akan dibangun gedung Tongkonan (rumah adat),” ujarnya.

Menurutnya, perayaan Paskah ini memberi makna yang sangat mendalam bagi umat Kristiani saat merenungkan solidaritas Tuhan kepada umat manusia.

Dalam perayaan Ibadah Paskah IKT Kabupaten Jayapura, Pemerintah Kabupaten Jayapura memberikan bantuan kepada Ikatan Keluarga Toraja (IKT) untuk pembangunan Tongkonan di Bukit Demongkray (Efata), Doyo Lama, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura.

“Ada bantuan dari pak Bupati sebesar 50 juta rupiah, untuk pembangunan Tongkonan yang akan dibangun di Bukit Demongkray ini,” ujarnya.

Hanna Hikoyabi berharap melalui perayaan Paskah bersama Warga IKT saat ini, janganlah dijadikan acara seremonial tahunan semata saja. Tetapi, hendaknya dimaknai, sehingga melalui kemenangan iman ini akan semakin memantapkan terwujudnya persekutuan dan ikatan persaudaraan, serta kebersamaan diantara sesama umat Kristiani dimanapun berada khususnya warga Toraja di Kabupaten Jayapura. (irf)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.