Pertashop Medeosa Hadir di Kampung Yakonde, Layani Kebutuhan BBM Masyarakat

Pertashop Medosa resmi beroperasi di Kampung Yakonde, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Senin, 4 April 2022.
banner 120x600
banner 468x60

SENTANI, Papuaterkini.com – Beroperasinya Pertashop di Dusun Kanda, Kampung Yakonde, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura mampu memenuhi kebutuhan masyarakat setempat akan Bahan Bakar Minyak (BBM) berkualitas khususnya BBM jenis Pertamax dan Dexlite tanpa harus jauh ke distrik.

Selain memenuhi kebutuhan BBM bagi masyarakat, juga untuk memotivasi generasi muda orang asli Papua (OAP) untuk berwirausaha pada sektor riil, sehingga CV Medeosa hadir dengan membuka Pertashop Medeosa Yakonde.

Hal ini disampaikan, Oscar Valentino Koi Toam, Direktur Utama CV Medeosa, saat kegiatan peresmian atau grand opening Gerai Pertashop Medeosa Yakonde di Dusun Kanda, Kampung Yakonde, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, yang dihadiri secara langsung oleh Kepala Kampung Yakonde, Yakub Daimoi, Salles Brand Manajer I PT. Pertamina Persero Wilayah Papua, Andi Reza Ramadhan dan Kepala Bank BRI Cabang Sentani, Welem Tambing.

Pertashop Medeosa ini hadir murni atas inisiatif dan tergeraknya hati dari seorang anak muda kreatif dan berjiwa sosial asli Kampung Yakonde yang menjadi Direktur Utama CV. Medoasa yaitu, Oscar Valentino Koi Toam.

Dalam sambutannya, Oscar Valentino Koi Toam mengatakan, usaha Pertashop ini merupakan aset Kampung Yakonde untuk memenuhi kebutuhan BBM di Kampung Yakonde dan sekitarnya. Serta, dapat melayani secara umum warga masyarakat di Kabupaten Jayapura, juga pengguna kendaraan bermotor atau untuk keperluan lainnya.

“Kami berharap usaha Pertashop ini menjadi motivasi bagi generasi muda Orang Asli Papua (OAP), untuk membuka lapangan pekerjaan pada sektor riil diberbagai bidang usaha, sehingga dapat menyerap tenaga kerja, minimal warga kampung sekitarnya,” harap Oscar Valentino Koi Toam.

Diakui, merintis usaha seperti ini, tidak semulus dan tidak segampang membalikkan telapak tangan. Karena banyak tantangan dan butuh perjuangan, terutama dari sisi modal usaha. Namun hal itu menjadi motivasi tersendiri baginya untuk bangkit dan bergerak maju untuk mewujudkan bahwa generasi muda Papua bisa.

Pertashop Medeosa Yakonde dilengkapi fasilitas rest area atau tempat istirahat bagi para pengendara yang ingin istirahat sejenak melepas lelah dalam perjalanan jauh, toilet umum, tempat salat (Mushola). Kedepannya akan dilengkapi minimarket untuk memenuhi kebutuhan makan minum bagi pengendara dan juga masyarakat luas.

Kepala Kampung Yakonde, Yakub Daimoi mengajak untuk mengucap syukur kepada Tuhan dengan peresmian Pertashop Medeosa. Ini merupakan bentuk dari kebangkitan masyarakat kampung dalam rangka menata dan mengembangkan perekonomian di segala sektor, termasuk sektor riil.

“Kami atas nama pemerintah kampung juga turut menyampaikan terima kasih kepada pihak PT. Pertamina Wilayah Papua dan Bank BRI Cabang Sentani yang telah memberi dukungan kepada masyarakat kami dalam membuka usaha sektor jasa yakni penyediaan BBM,” ucapnya

Sementara itu, Salles Brand Manajer I PT. Pertamina Persero Wilayah Papua, Andi Reza Ramahdan mengakui banyak pengusaha yang berencana mengajukan usaha Pertashop, namun tidak semua dapat izin atau mendapat kemudahan.

Namun, dari 10 moduler yang didatangkan Pertamina, yang tercepat beroperasi yakni CV. Medeosa, sehingga bisa melayani masyarakat.

“Dengan adanya Pertashop ini, besar harapan kami bapa dan ibu sudah tidak khawatir mendapat BBM. Di Pertashop ini akan hadir BBM dengan kualitas yang lebih bagus yaitu Pertamax dan Dexlite dengan harga yang sama dengan SPBU,” imbuhnya.

Pimpinan Bank BRI Cabang Sentani, Welem Tambing berharap hadirnya Pertashop Medeosa menjadi awal mula kerjasama yang baik antara pihaknya dengan CV. Medeosa tetapi juga dengan masyarakat dan Pemerintah Kampung Yakonde.

“Karena kami mempunyai produk perbankan yang cukup komplit yang sudah bisa digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Kalau tadi disinggung bahwa kredit usaha BRI juga ikut mendanai pembangunan ini, walaupun dalam jumlah yang terbatas, tetapi inilah bentuk penyertaan modal yang bisa kami berikan,” pungkasnya. (irf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *