Semarak Kampung Ramadhan di Masjid Besar Babul Jannah Pasar Lama Sentani

Ketua DMI Kabupaten Jayapura H. Sakaruddin, SPd, didampingi Ketua Takmir Masjid Besar Babul Jannah Muhammad Akbar, Bendahara Masjid Besar Babul Jannah Mustaqim dan Ketua Takmir Masjid Besar Darul Ulum Doyo Baru H. Surya Arianto, menabuh gendang menandai pembukaan Semarak Kampung Ramadhan di depan Masjid Besar Babul Jannah, Pasar Lama Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa 12 April 2022.
banner 120x600
banner 468x60

SENTANI, Papuaterkini.com – Semarak Kampung Ramadhan 1443 H di Kota Sentani Kabupaten Jayapura resmi dibuka oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Jayapura H. Sakaruddin, SPd, Selasa 12 April 2022 malam lalu.

Pembukaan ditandai dengan penabuhan gendang secara bersama-sama oleh Ketua DMI Kabupaten Jayapura H. Sakaruddin dengan Ketua Takmir Masjid Besar Babul Jannah Pasar Lama Sentani Muhammad Akbar, SE, Bendahara Takmir Masjid Besar Babul Jannah Mustaqim dan Ketua Takmir Masjid Darul Ulum Doyo Baru H. Surya Arianto, di depan Halaman Masjid Besar Babul Jannah Pasar Lama Sentani, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Kegiatan Semarak Kampung Ramadhan ini, kami ingin suasana Ramadhan itu menjadi suasana yang dapat dikenang, juga suasana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sebagaimana maksud dan tujuan daripada ibadah Ramadhan yang dilaksanakan oleh umat Islam,” kata Ketua DMI Kabupaten Jayapura H. Sakaruddin, SPd, didampingi Ketua Takmir Masjid Besar Babul Jannah, Muhammad Akbar, SE.

Semarak Kampung Ramadhan di depan Masjid Besar Babul Jannah itu, ada beberapa kegiatan lomba yang diadakan seperti lomba Musabaqah, lomba Adzan, lomba Hifdzil Qur’an, lomba Pidato, lomba Nasyid, lomba Kaligrafi Qur’an dan lomba Busana Muslim.

Selain itu, Semarak Kampung Ramadhan ini, ada sejumlah stand pedagang makanan, minuman dan aneka hidangan khas buka puasa.

“DMI Kabupaten Jayapura memberikan apresiasi kepada pengurus Masjid Besar Babul Jannah Pasar Lama Sentani dalam hal ini remaja masjidnya, yang menyelenggarakan kegiatan semarak Kampung Ramadhan 1443 H/2022 M,” mantan Kepala Dinas Kebersihan Kabupaten Jayapura tersebut.

Ia berharap, pelaksanaan kegiatan Semarak Kampung Ramadhan ke depannya bisa lebih semarak lagi dengan menggandeng pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

“Kami berharap kegiatan ini di tahun yang akan datang lebih semarak lagi. Nanti kami akan berkoordinasi dengan Disperindag Kabupaten Jayapura untuk kita sama-sama berkolaborasi dengan semua pihak guna membuat pasar murah. Artinya, pasar yang menyediakan sembako dengan harga murah untuk memudahkan bagi umat Muslim khususnya dan masyarakat luas umumnya dalam merayakan Idul Fitri,” imbuhnya.

Sejak bertahun-tahun lalu, panitia Ramadhan dalam hal ini Ikatan Remaja Masjid (Irmas) Babul Jannah selalu menggelar kegiatan Semarak Kampung Ramadhan.

Bahkan, sudah menjadi pusat kuliner di sekitar Pasar Lama Sentani, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. Namun, dalam dua tahun terakhir, mereka tidak mengadakan Semarak Kampung Ramadhan karena adanya pandemi Covid-19.

Tahun ini pun, Semarak Kampung Ramadhan digelar, namun hanya 10 hari saja.

“Penyelenggara semarak Kampung Ramadhan ini dari Takmir dan Remaja Masjid Besar Babul Jannah. Kegiatan ini setiap tahun dilaksanakan oleh remaja masjid berkoordinasi dengan takmir masjid. Dua tahun terakhir saat adanya pandemi Covid-19, sehingga kita tidak terlalu banyak membuat kegiatan lomba dan dilakukan dalam jumlah terbatas di dalam masjid,” kata Ketua Takmir Masjid Besar Babul Jannah Muhammad Akbar.

Muhammad Akbar yang juga Anggota DPR Kabupaten Jayapura dari PPP itu menambahkan, jika Semarak Kampung Ramadhan ini sekaligus untuk membangkitkan perekonomian, setelah pandemic Covid-19.

“Kami sampaikan ke remaja masjid agar membuat kegiatan ini di luar masjid dengan meminta izin kepada pemilik lokasi maupun ke tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Jayapura. Setelah mendapat izin, maka dibuatlah kegiatan ini selama 10 hari ke depan dengan mengangkat tema, ‘Semarak Kampung Ramadhan untuk menguatkan keimanan dan kreativitas anak muda dalam ekonomi kreatif ke hal-hal yang positif,” jelas pria yang juga Ketua DPC PPP Kabupaten Jayapura tersebut.

Dalam Semarak Kampung Ramadhan ini juga bekerjasama sama dengan 15 pengurus atau takmir masjid yang ada di tiga distrik yakni, Distrik Sentani, Distrik Waibhu dan Distrik Sentani Timur. (irf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *