Dukung Prosesi Adat Peresmian Rumah Ondoafi Kayo Pulau, DPR Papua Bantu Bama

Sekretaris DPR Papua, DR Juliana J Waromi, SE, MSi menyerahkan bantuan bama kepada Ondoafi Kayo Pulau Nicolas Youwe, Rabu, 29 Juni 2022.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Dalam rangka peresmian secara adat Rumah Ondoafi Suku Youwe, Kampung Kayo Pulau, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura yang akan digelar dalam waktu dekat ini, DPR Papua bersama Sekretariat DPR Papua memberikan bantuan bahan makanan (bama).

Bantuan bahan makanan berupa beras dan mie instan itu, diserahkan oleh Sekretaris DPR Papua, DR Juliana J Waromi, SE, MSi bersama Ketua Komisi IV DPR Papua, Herlin Beatrix Monim, SE kepada Ondoafi Kampung Kayo Pulau, Nicolas Youwe, Rabu, 29 Juni 2022.

Ketua Komisi IV DPR Papua, Herlin Beatrix Monim, SE mengatakan jika pihaknya memberikan dukungan kepada Ondoafi Kayo Pulau yang akan menggelar acara adat peresmian Rumah Ondoafi Suku Youwe, yang telah diresmikan Pemkot Jayapura pada Mei 2022 lalu.

“Dewan bersama Sekretariat DPR Papua memberikan bantuan bama untuk mensukseskan kegiatan acara peresmian Rumah Ondoafi Suku Youwe yang dilakukan secara adat yang akan digelar dalam waktu dekat,” kata Herlin Monim.

Apalagi, kata Herlin Monim, Kampung Kayo Pulau sebagai salah satu kampung adat yang berada di tengah Kota Jayapura, ibu kota Provinsi Papua, diharapkan menjadi roll model bagi kampung-kampung yang lain di Papua, dalam menata struktur adat, menata kampung yang baik dan lainnya.

“Pembangunan ini semakin maju, maka kampung – kampung adat ini, harus didorong untuk berpacu membenahi diri sehingga diharapkan satu kampung adat yang menjadi roll model itu, bisa dicontoh oleh kampung lain di Papua,” ujarnya.

Anggota DPR Papua dari Daerah Pemilihan Papua 1 yang meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom dan Sarmi ini mengatakan, tidak bisa pemerintah menyiapkan program – program saja, tapi berpulang kepada masyarakat adat, terutama Ondoafi sebagai pengendali atau pemimpin dari masyarakat adat itu.

“Ondoafi mempunyai kekuasan penuh untuk mengatur kampung dan mereka besok akan meresmikan rumah secara adat dan acara adat lainnya, menjadi contoh bagi tatanan adat yang sebenarnya. Nah, Kampung Kayo Pulau ini berada ditengah kota, tatanan adat kita semakin hari mulai terkikis dengan perkembangan jaman. Maka, dengan apa yang dilakukan ini, mari kita kembalikan tatanan adat ini sebenarnya, agar jangan hilang, apalagi Kota Jayapura ini sudah heterogen,” paparnya.

 

Yang jelas, kata Politisi Partai NasDem ini, pihaknya mendukung dan memberikan penguatan terhadap Kampung Adat di Kayo Pulau, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura itu, untuk terus dikembangkan termasuk menjadi Kampung Wisata Tahima Soroma, Kampung Kayo Pulau, yang telah dicanangkan Pemkot Jayapura pada September 2020 lalu.

Betrix Monim menambahkan, jika dengan adanya pengembangan Kampung Adat ini, tentu akan mendukung Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI di Jayapura yang akan digelar pada Oktober 2022.

Sekretaris DPR Papua, DR Juliana J Waromi, SE, MSi menambahkan, jika pihaknya mendapatkan informasi jika Kampung Kayo Pulau tengah mempersiapkan kegiatan untuk prosesi peresmian Rumah Ondoafi Suku Youwe, Kampung Kayo Pulau, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

“Mereka mau persiapan kegiatan untuk peresmian rumah Ondoafi secara dat. Nah, kebetulan kami mendapatkan info, kami datang melihat secara langsung dan memberikan bantuan. Jika besok jika ada kegiatan, kami pasti akan dukung penuh terkait kampung adat ataupun kampung wisata itu,” imbuh Juliana Waromi. (bat)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *