Jaap Suebu: Pasca Pandemi Covid-19, Pengusaha Perempuan Asli Sentani Mulai Tumbuh

Ketua Kadin Kabupaten Jayapura, Jaap A Suebu.
banner 120x600
banner 468x60

Ketua KADIN Kabupaten Jayapura, Jaap A. Suebu, MH

SENTANI, Papuaterkini.com  – Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Jayapura, Jaap A Suebu mengapresiasi Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, MSi, yang melaunching pembukaan Rumah Makan (RM) Cenderawasih di Pojok, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, 1 Juni 2022,

Apalagi, owner atau pemilik RM Cenderawasih ini, adalah seorang pengusaha perempuan asli Sentani yakni Reni Yoku Suebu. “Kami apresiasi Bupati Jayapura Mathius Awoitauw yang melaunching RM Cenderawasih untuk memberikan dukungan kepada pengusaha asli Papua terutama pengusaha perempuan asli Sentani ini,” kata Jaap Suebu.

Ketua Kadin Jaap Suebu menilai bahwa hal itu menandakan geliat perekonomian di Kabupaten Jayapura, khususnya di Kota Sentani pasca melandainya pandemi Covid-19 mulai menunjukkan tren positif. Setidakny,a, jelang semester pertama di tahun 2022 ini pertumbuhan sektor UMKM terus bergeliat.

Uniknya, rumah makan yang menghadirkan masakan khas Manado ini, dimiliki oleh pengusaha perempuan asli Papua asal suku Sentani, Reni Yoku Suebu.

Jaap, sapaan akrabnya, mengatakan, jika Reni Yoku sebagai pengusaha katering, khususnya RM Cenderawasih sudah memulai usaha bisnis rumah makan ini sejak tahun 2012 lalu. Tapi, saat terjadi bencana alam banjir Bandang di Sentani tahun 2019 lalu, mengakibatkan usahanya sempat terhenti.

“Hari ini, atas perkenan Tuhan dibuka lagi untuk bersama-sama saudara-saudara kita di bidang ekonomi kreatif guna dapat berjalan sampai dengan ke depan,” ujar pria yang juga Bendahara DPD II Partai Golkar Kabupaten Jayapura tersebut.

Kehadiran RM Cenderawasih ini, lanjut Jaap, sekaligus menjadi bukti nyata bahwa perempuan adat Tabi juga bisa menjadi penggerak sektor riil.

“Ini sebagai satu contoh yang bisa diikuti saudara-saudari yang lain, OAP, bahwa kitorang juga bisa, kitorang juga ada di negeri sendiri. Jadi, kalau mau menjadi tuan di negeri sendiri salah satunya adalah seperti ini, membuka usaha di bidang jasa,” tegas Staf Ahli Bupati Jayapura ini.

Sementara itu ditempat yang sama, Owner RM Cenderawasih Reni Yoku Suebu, menjelaskan, selain rumah makan ini, pihaknya juga mengelola Cafe di The Hele’ Yo Kampung Sereh Tua, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Kalau disini menunya khas Manado, tapi kalau di Hele’ Yo kami siapkan makanan khas Papua,” ujar Reni Yoku.

Ditambahkannya, pemilihan menu khas Manado ini, karena peminatnya juga cukup banyak di daerah ini.

“Karena kebanyakan di sekitar (Sentani) sini mereka (penjual makanan) menjual lalapan ayam, bebek atau ikan. Jadi, kami mencoba menawarkan yang berbeda yaitu, makanan khas Manado yang dimasak sendiri oleh orang asli Manado, yang kami rekrut langsung dari sana,” sebut perempuan yang juga aktif di TP-PKK Kabupaten Jayapura ini.

Selain itu, Reni Yoku menambahkan harga makanan yang ditawarkan masih standar dan sangat terjangkau. (irf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *