banner 728x250

Ratusan Peserta Ikuti Jambore Cabang X Kabupaten Jayapura

Asisten II Setda Kabupaten Jayapura, Joko Sunaryo foto bersama peserta Jambore Cabang X Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura, Selasa, 7 Juni 2022.
banner 120x600
banner 468x60

SENTANI, Papuaterkini.com – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw diwakili Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Jayapura Joko Sunaryo membuka secara resmi Jambore Cabang (Jamcab) X Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Jayapura tahun 2022 di Lapangan Menembak Lanud Silas Papare, Doyo Lama, Waibhu, Kabupaten Jayapura, Selasa, 7 Juni 2022.

Ada 451 orang utusan yang terdiri dari 10 kwartir ranting (Kwarran), 23 orang regu putra, 31 orang regu putri, 168 orang penggalang putra dan 253 orang penggalang putri, yang memeriahkan pelaksanaan jambore ini.

banner 325x300

Dalam sambutannya, Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura yang juga Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw yang dibacakan Asisten II Setda Kabupaten Jayapura, Joko Sunaryo mengatakan, jambore cabang ini merupakan kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar Pramuka Penggalang sebagai sarana pembinaan yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta yang terdiri atas mental, fisik, intelektual, spiritual dan juga sosial, baik itu individu maupun sebagai anggota masyarakat.

Para peserta merupakan anggota Pramuka penggalang dari gugus depan pangkalan SMP/MTs dan SD/MI se Kabupaten Jayapura.

“Saya berharap agar Jambore Cabang X ini bisa menjadi wadah yang produktif bagi generasi masa depan Kabupaten Jayapura dan juga menjadi wadah bagi generasi muda untuk terus berkarya, serta berinovasi dengan kecerdasan intelektual, sehingga dapat mempersiapkan kader masa depan yang paham budaya, serta visi Pemerintah Kabupaten Jayapura, yakni ‘Kabupaten Jayapura Berkualitas, Sejahtera dan Ramah’,” katanya.

Sesuai tema Jambore Cabang X, yakni Santun, Beriman, Mandiri, Peduli, Berakhlak, Terampil, Berintegritas dan Berkualitas (SIMPATIK), Bupati Awoitauw berharap dapat memotivasi adik-adik penggalang untuk memacu diri dan berkembang dalam ilmu pengetahuan dan juga keterampilan. Akan tetapi, tidak melupakan iman dan taqwa kepada Tuhan, mengasihi sesama dan alam lingkungan, serta mencintai seni dan budaya.

Di pembukaan Jambore Cabang X ini, Pemkab Jayapura juga menyampaikan terkait pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI tahun 2022 yang akan digelar Oktober 2022.

“Kabupaten Jayapura akan menerima duta-duta Masyarakat Adat Nusantara seluruh Indonesia yang akan melaksanakan kongres AMAN VI tahun 2022. Untuk itu, saya mengajak kakak-kakak dan adik-adik sekalian, untuk kita sukseskan Kongres AMAN ini dengan menjadi tuan rumah yang baik, yang ramah dan peduli akan kegiatan ini,” ujarnya.

Bupati Awoitauw mengatakan, para peserta adalah duta-duta dari gugus depan dan juga Kwartir Ranting se Kabupaten Jayapura, yang akan melaksanakan proses pendidikan edukatif lewat kegiatan kemah jambore cabang X tahun 2022.

“Dalam upaya melaksanakan satya dan darma Pramuka, kakak mengharapkan agar adik-adik dapat melanjutkan semangat juang, pengabdian yang ikhlas dan sungguh-sungguh dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang akan datang,” katanya.

Dalam kesempatan itu juga, Mathius Awoitauw berharap kepada pengurus dan anggota Mabicab, para Mabiran, serta para stakeholder lainnya, untuk senantiasa terus memfasilitasi, mendukung dan membantu, baik secara moril maupun finansial terhadap Gerakan Pramuka di Kabupaten Jayapur, dengan harapan agar kemajuan dan revitalisasi Gerakan Pramuka yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada  14 Agustus 2006 itu bisa terealisasi.

“Saya yakin revitalisasi Gerakan Pramuka tidak dapat berhasil tanpa kerja keras, kerja cerdas dan ikhlas, serta adanya dukungan dari seluruh masyarakat maupun komponen Gerakan Pramuka itu sendiri. Dengan Jambore Cabang X ini, dapat menciptakan kader pembangunan bangsa yang siap menjadi garda terdepan dalam pembangunan di Kabupaten Jayapura yang kita cintai ini dan kita terus mendukung suksesnya Kongres AMAN VI di Tanah Tabi, serta PORKAB II Kabupaten Jayapura yang akan dilaksanakan tahun ini juga,” pungkasnya. (irf)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.