banner 728x250

Sayid Fadhal Alhamid Berpulang, IKA-PMII: Dia Aktivis Muda Idealis

Sayid Fadhal Alhamid bersama istri dan ketiga anaknya (foto:antaranews)
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Kabar duka atas meninggalnya Sayid Fadhal Alhamid seorang tokoh muda, yang juga aktivis dari HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) di tanah Papua.

Almarhum Fadhal Alhamid banyak memberikan kontribusi penting bagi dunia aktivis pada masanya.

banner 325x300

Banyak amanah yang diembannya, yakni sebagai Ketua HMI Cabang Jayapura, Kepala Pemerintahan Adat pada DAP (Dewan Adat Papua), salah satu pengurus di Majelis Muslim Papua (MMP) dan juga tercatat sebagai salah satu pendiri LSM Jerat (Jaringan Kerja Rakyat).

Sosok yang dekat dengan wartawan, saat beliau disalah satu pengurus pemerintahan adat bersama almarhum Theys Eluay pada era pemerintahan presiden Gus Dur.

Fadhal, begitu disapa juga tercatat sebagai Sekretaris Umum KAHMI Papua (Korp Alumni HMI) masa Bhakti 2017-2022.

Kepergiannya yang seperti tiba-tiba, meninggalkan kesan baik dan duka mendalam, seperti yang dialami Ketua IKA-PMII (Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Pemuda Islam Indonesia)- Papua.

H Kumar, S.Ag, SH, MH

Ketua IKA-PMII-Papua, H Kumar, SAg, SH, MH mengatakan bahwa sebagai aktivis, Fadhal total di dunianya. Memberikan kontribusi pemikiran bagi insan muda HMI, bahkan rakyat di tanah Papua.

“Fadhal adalah sosok yang terlihat kontradiktif tetapi mampu memberikan sumbangsih pemikiran bagi dunia aktivis, hal tersebut terlihat pada masa kepemimpinan HMI ditangannya,” kata Kumar kepada kanal Papuaterkini.com.

Kumar menambahkan, perjuangannya untuk masyarakat dan organisasi HMI menjadikannya dikenal sebagai aktivis yang idealis dan ini memberikan motivasi bagi generasi muda HMI agar bisa mencontoh jiwa sosial kemasyarakatan serta perjuanganya terhadap masyarakat lapisan bawah.

Sayid Fadhal Alhamid meninggal dunia di Kota Jayapura, dia meninggalkan 3 orang anak dengan seorang istri.

Sebelum dikebumikan di TPU Abe Pantai, jenazah di sholatkan di Masjid As Sholihin Abepura pada Kamis sore, (2/6). (ab)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.