Sihar Tobing Dilantik sebagai Ketua KMB Kabupaten Jayapura

Ketua KMB Papua, Ronald Panjaitan melantik Ketua KMB Kabupaten Jayapura, Sihar L Tobing bersama pengurus di Suni Garden Lake Hotel & Resort Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu, 25 Juni 2022.
banner 120x600
banner 468x60

SENTANI, Papuaterkini.com – Sihar L. Tobing resmi dilantik menjadi Ketua Kerukunan Masyarakat Batak (KMB) Kabupaten Jayapura bersama pengurus periode 2021-2026 oleh Ketua Umum KMB Provinsi Papua, Ronald Panjaitan di Ball Room Suni Garden Lake Hotel & Resort Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu, 25 Juni 2022.

Ketua KMB Provinsi Papua, Ronald Panjaitan berharap pengurus KMB Kabupaten Jayapura supaya menganut kaidah moral yang berlaku. Baik itu untuk sesama saling menghargai dan saling tolong menolong serta bagi semua suku yang ada juga kepada pemerintah.

“Masyarakat Batak harus saling membantu dengan semua suku yang ada,” harapnya.

Sementara itu, Ketua KMB Kabupaten Jayapura Sihar L. Tobing menegaskan bahwa KMB itu organisasi masyarakat yang bebas mandiri dan tidak berafiliasi dengan politik. Kendati begitu, Sihar mengatakan, KMB akan bekerjasama dan bersama-sama pemerintah membangun Kabupaten Jayapura.

“Pada prinsipnya, apapun paguyubannya itu semua paguyuban pasti punya niatan yang sama dan baik seperti yang disampaikan juga oleh pak Bupati. Yakni, kita sama-sama menjaga Kabupaten Jayapura sebagai daerah yang sudah dicanangkan Kabupaten yang Bertoleransi atau Zona Integritas Kerukunan Umat Beragama,” kata Sihar Tobing yang juga Anggota DPR Kabupaten Jayapura dari Fraksi Partai Golkar ini.

Apalagi, dalam waktu dekat ini, Kabupaten Jayapura akan ada event besar tingkat nasional yakni Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VII tahun 2022.

Selain paguyuban KMB, Sihar berharap kepada paguyuban-paguyuban lainnya yang ada di Kabupaten Jayapura dalam hal ini lintas Paguyuban Nusantara mendukung dan bersinergi dengan untuk turut menyukseskan event nasional tersebut.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus KMB Kabupaten Jayapura.

“Atas nama pemerintah, kami sampaikan terima kasih untuk masyarakat Batak yang ada di Kabupaten Jayapura, yang terus bersama-sama dengan pemerintah. Dari berbagai bidang pekerjaan, tapi juga sebagai organisasi masyarakat terus menjaga kerukunan dan kebersamaan,” katanya.

Bupati berharap Ketua bersama pengurus KMB Kabupaten Jayapura sudah mempunyai program kerja yang dilakukan masyarakat Batak untuk berkontribusi dan bersinergi dengan pemerintah daerah Kabupaten Jayapura di semua bidang.

Selain pelantikan pengurus KMB Kabupaten Jayapura, juga dilakukan pemberian Ulos dari tetua adat Batak kepada Bupati Jayapura Mathius Awoitauw sebagai ungkapan cinderamata berupa doa. (irf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *