banner 728x250

Soal Investor Masuk ke Sentani, Bupati Awoitauw: Ikuti Ketentuan yang Ada

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw.
banner 120x600
banner 468x60

SENTANI, Papuaterkini.com – Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kabupaten Jayapura Nelson Yohosua Ondi meminta dukungan kepada pemerintah daerah agar bisa memberikan ijin pembangunan kelab malam di eks lokasi gedung SMPN 1 Sentani yang berada di pertigaan Traffic Light menuju Bandara Sentani itu bisa terwujud guna meningkatkan PAD dan juga membuka lapangan pekerjaan di daerah ini.

Menanggapi pernyataan tersebut, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw menegaskan bahwa kawasan perkotaan Sentani itu sudah ada rencana tata ruang wilayah (RTRW) dan lokasi yang berada di sekitar Bandara Sentani itu merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

banner 325x300

“Itukan kawasan Kota Sentani sudah ada pemetaannya atau tata ruang (RTRW). Kalau yang di sekitar bandara itu, untuk kawasan terbuka hijau. Tidak bisa bisnis apapun di situ, sehingga para pemilik tanah yang ada disitu harus mengikuti kebijakan atau ketentuan-ketentuan yang ada,” tegas Bupati Mathius Awoitauw.

Bupati Awoitauw meminta agar mengikuti tata ruang atau RTRW yang ada. Sebab, ada kawasan-kawasan yang bisa menghasilkan dana, juga ada kawasan yang warga Kota Sentani bisa menikmati ruang terbuka hijau.

Ia menyebut dari pernyataan meminta dukungan pemerintah daerah untuk mengijinkan pembangunan kelab malam dari Ketua BPD Hipmi Kabupaten Jayapura Nelson Yohosua Ondi itu sangat bagus sekali. Namun, segala sesuatu pembangunan harus mengikuti kebijakan yang ada seperti ruang terbuka hijau.

“PAD banyak, tapi orang semua sakit itu susah juga. Kita harus kasih uang lagi ke rumah sakit, kan banyak dana lagi keluar,” imbuhnya.

Sebelumnya, sejumlah pengusaha atau investor dari luar Papua menjajaki investasi di Provinsi Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura. Ketua BPD HIPMI Kabupaten Jayapura, Nelson Yohosua Ondi mengatakan, hal itu dibahas ketika para investor tersebut melakukan komunikasi dengan BPD HIPMI Kabupaten Jayapura belum lama ini.

“Terkait dengan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) di Kabupaten Jayapura, kami dari BPD HIPMI Kabupaten Jayapura siap melakukan komunikasi dengan pihak investor untuk membangun kelab malam di pusat kota Sentani, tepatnya di eks lokasi gedung SMP Negeri 1 Sentani,” katanya. (bat)

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.