banner 728x250

60 Atlet Renang dari Tujuh Distrik Bertanding di Porkab II

Ketua Pengkab PRSI Kabupaten Jayapura, Jacleana Joku menyerahkan medali kepada pemenang lomba renang Porkab II Kabupaten Jayapura.
banner 120x600
banner 468x60

Ketua Pengkab PRSI Kabupaten Jayapura, Jacleana Joku, SE, AIFO, ketika mengalungkan medali kepada pemenang.

SENTANI, Papuaterkini.com – Sebanyak 60 atlet renang 7 distrik dari 19 Distrik di Kabupaten Jayapura, Papua, bertanding dalam Cabor (Cabang Olahraga) renang, di Porkab (Pekan Olahraga Kabupaten) 2022 Kabupaten Jayapura.

banner 325x300

Para atlet renang ini, bertanding di kolam renang Venue Aquatik Kompleks Stadion Utama Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, yang dibuka oleh Ketua Pengkab Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kabupaten Jayapura Jacleana Joku, SE, AIFO.

Untuk Porkab kali ini, cabor renang mempertandingkan 2 gaya, yakni gaya dada 100 meter putra dan putri, gaya bebas 50 meter putra dan putri. Pertandingan ini mengacu kepada Porprov Papua, dengan menggunakan limit waktu sehingga pemenangnya diambil waktu tercepat. Dengan demikian, pertandingan dilakukan hanya sekali dan tidak ada babak penyisihan, semifinal maupun final.

Ketua Umum Pengkab PRSI Kabupaten Jayapura, Jacleana Joku, SE, AIFO, mengatakan, pihaknya mendaftarkan kurang lebih sebanyak 60 orang atlet untuk mengikuti pertandingan di cabang olahraga renang ini.

“Jadi, atlet yang kita rekrut atau daftar itu kurang lebih sekitar 60 orang dan disebarkan ke tujuh distrik yang berminat untuk cabor renang. Ketujuh distrik yang mengakomodir puluhan atlet atau bersedia untuk mengikuti cabang olahraga renang itu, yakni Airu, Depapre, Kaureh, Kemtuk Gresi, Namblong, Nimbokrang dan Sentani,” kata Jacleana Joku.

Sementara itu, untuk klub renang beserta atletnya yang sudah siap dan memang sudah ada sejak lama di Distrik Sentani itu, dari Yonif RK 751/VJS, kemudian ada klub Komba juga punya atlet beserta pelatih.

“Kami dari PRSI Kabupaten Jayapura membentuk lagi klub renang Cycloop, yang mana atletnya itu dari anak-anak yang ada di kampung-kampung di Danau Sentani. Mereka dari kampung yang kita ambil, terus ajar mereka berenang di air danau dan kita bawa berlatih di Yonif 751 selama dua bulan lebih, guna menyesuaikan cara berenang di kolam renang Yonif 751,” sebutnya.

Di cabor renang ini, mempertandingkan dua gaya yaitu, gaya dada dan gaya bebas untuk putra dan putri. Sementara untuk nomor pertandingan cabang renang ini adalah 50 meter dan 100 meter, serta ditambah dengan nomor grup usia.

“Jadi, setelah direkrut, kami geser mereka atau bagikan ke setiap distrik yang berminat untuk menjadi kontingen di cabang olahraga renang sehingga dapat tujuh distrik. Tapi, dari kontingen Distrik Airu juga ada atlet renang, maka kita tinggal poles atletnya di kolam renang Yonif 751 untuk persiapan event Porkab ini,” terangnya.

Untuk itu, Jacklin sapaan akrabnya mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi terselenggaranya cabang olahraga renang di event olahraga terbesar di Bumi Khenambay Umbay ini. Karena telah mempertandingkan keterampilan atlet masing-masing di cabor renang.

“Jadi, hasil dari cabang olahraga renang ini sangat memuaskan. Karena ajang Porkab inikan formula untuk mencari bakat alam. Kedepannya, kami dari PRSI Kabupaten Jayapura akan membuat event kejuaraan renang untuk beberapa gaya dengan berbagai nomor dan kategori usia,” imbuhnya. (irf)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.