banner 728x250

Antisipasi Cidera Atlet, Panitia Porkab II Siapkan Tim Medis

Tampak para tim medis sedang menangani salah satu atlit yang lagi sesak napas disaat pertandingan Rugby berlangsung di Stadion Lanud Silas Papare pada Selasa, 12 Juli 2022.
banner 120x600
banner 468x60

SENTANI, Papuaterkini.com – Dalam mengantisipasi terjadinya cidera terhadap atlet yang bertanding, Panitia Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) II Kabupaten Jayapura tahun 2022 telah menyiapkan tim medis. Bahkan, tim medis itu, sudah berpengalaman pada PON XX tahun 2021.

Koordinator Tim Medis Porkab II Kabupaten Jayapura, Dr Khoni Yokhu mengatakan, jika tim medis sudah siap untuk melaksanakan tugasnya, termasuk menangani kasus medis yang terjadi di lapangan.

banner 325x300

“Awal yang pertama kita siapkan SDM kita. Dan mereka sudah terlatih sejak PON XX tahun 2021. Kami sudah terlatih medis maupun paramedis ada dari cabang-cabang olahraga ada 22 dokter yang disiapkan dan 19 paramedis di setiap cabor,” kata Khoni Yokhu.

Selama pertandingan Porkab II ini, Khoni Yokhu mengungkapkan, pada pertandingan Cabor Rugby pada hari pertama, terdapat lebihd ari 7 kasus dan pada hari ini ada 9 kasus.

“Mengenai kasus dari pertandingan cabor Rugby ini dari kemarin hari pertama kurang lebih 7 kasus, kemudian pada hari ini ada 9 kasus kemudian hari ini lebih ya karena mungkin kemarin masih babak pengisian,” jelasnya.

Terkait dengan cara penanganannya, Khoni Yokhu menjelaskan, sebagai medis di pertandingan cabor Rugby ini, ketika ada pemain yang mengalami cedera atau sesak, pihaknya menunggu aba-aba dari wasit, jika dipanggil dari dalam lapangan, ,maka tim medis langsung bergerak ke dalam dengan satu orang untuk mengecek, kemudian memastikan ketika membutuhkan tim, maka tim medis langsung masuk ke dalam.

“Puji tuhan sampai sekarang tidak ada, cuman memang hari ini lebih tinggi karena hari ini semifinal dan final, jadi lebih banyak kasusnya daripada kemarin,” ujarnya.

Jika terjadi kasus emergency, Khoni Yokhu menambahkan, tim medis menyiapkan satu armada mobil ambulance yang stand by, kemudian ada dua dokter dan tiga paramedis. Begitu juga peralatan medis yang lengkap, baik untuk dipakai di lapangan dan persiapan jika ada emergency untuk dilarikan ke rumah sakit.

Dari 18 cabor yang di pertandingkan porkab II kabupaten Jayapura ini total para medis ada 19 paramedis sedangkan dokter yang bertugas di setiap venue adalah 22 dokter dibagi dalam beberapa tugas yaitu PJ venue dan 5 satuan tugas kesehatan seperti kami di team kesehatan di cabor rugby 1 PJ venue (Dokter) di back Up oleh 1 satuan tugas yaitu 1 dokter, 2 paramedis dan 1 sopir

“Ya, mengenai pekerjaan ini kami selalu siap untuk melayani ketika kami dibutuhkan, kami selalu siap dan harapan kami dari tim medis kegiatan Porkab II tahun 2022 ini sukses sampai kegiatan selesai,” imbuhnya.(irf/bat)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.