banner 728x250

Cabor Tinju Porkab II Diikuti 70 Atlet

Nampak para petinju dari Distrik Waibhu saat berlatih di depan pelataran parkir Wisma Atlet Venue Hockey Kompi D Kampung Bambar, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura.
banner 120x600
banner 468x60


SENTANI, Papuaterkini.com – Cabang olahraga (Cabor) tinju akan mulai dipertandingkan pada Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) II Kabupaten Jayapura, Rabu, 13 Juli 2022. Total ada sebanyak 70 petinju amatir dari 18 distrik yang ikut serta pada event olahraga terbesar di Bumi Khenambay Umbay ini.

Ketua Panitia Pelaksana Cabor Tinju, Benny Demena mengatakan, cabor tinju telah dimulai dengan pemeriksaan kesehatan para petinju, kemudian dilanjutkan dengan teknikal meeting dan drawing (pengundian) untuk cabor tinju Porkab II Kabupaten Jayapura yang telah berlangsung di Venue Hockey Kompi D, Kampung Bambar, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura.

banner 325x300

“Kami sudah sampaikan kepada teman-teman pelatih agar persiapkan atletnya untuk pertandingan yang akan dilakukan pada esok hari. Kemudian, jumlah petinju yang hadir untuk Porkab kali ini sebanyak 70 orang dan kita akan mainkan (pertandingkan) tujuh partai untuk beberapa kelas yakni, empat partai untuk putri dan putra itu tiga partai,” katanya di Venue Hockey Kompi D, Selasa 12 Juli 2022.

Dikatakan, ketujuh partai di hari pertama pertandingan Cabor Tinju itu adalah kelas 45 kg, 48 kg, 51 kg dan 60 kg. “Kemudian, di hari berikutnya atau babak penyisihan kedua itu ada 9 partai yang akan dipertandingkan. Jadi, kami hitung untuk pertandingan cabor tinju itu akan berakhir selama empat hari termasuk juga dengan babak semifinal hingga babak final. Yakni, babak penyisihan itu selama dua hari, semifinal dan final masing-masing satu hari,” jelasnya.

“Dari jumlah 70 atlet itu ada nomor pertandingan sudah berkurang, karena tidak full tim lagi. Yang mana, kita harus pertandingkan sesuai aturan IBA itu harus 17 nomor yaitu, 11 nomor untuk putra dan 6 nomor putri. Tapi, yang disiapkan para pelatih dari tiap distrik itu ada beberapa kelas yang tidak bisa terisi akibat kekurangan atlet. Kalau terisi semua kelas itu berarti jumlah atlet sebanyak 205 petinju, namun atlet yang dipersiapkan itu hanya 70,” tambahnya.

Dari 19 distrik itu hanya ada 18 distrik saja yang mengirim atletnya untuk mengikuti Porkab II. “Jadi, satu distrik yang tidak masuk (mengirim) atletnya yakni, Distrik Yapsi yang tidak mengambil bagian dalam pertandingan di cabor tinju ini,” beber Benny Demena seraya menambahkan dari 70 atlet itu terdiri dari 50 atlet putra dan 20 atlet putri.

Pihak panitia pelaksana Cabor Tinju merencanakan pertandingan dimulai pukul 15.00 WIT hingga pukul 20.00 WIT. “Ya, betul sekali karena sampai hari ini kami belum ada peralatan dan dana yang diterima dari panitia Porkab. Tapi, kami bersama ketua Pertina akan mengambil langkah untuk mensiasatinya dengan cara meminjam ke Dispora Provinsi Papua. Mungkin yang dipakai waktu PON itu, bisa dipinjamkan ke kami sesuai dengan standar IBA. Kami sudah kirim surat, tinggal mereka jawab dan kita ambil alatnya untuk digunakan sebagai kebutuhan petinju pada saat bertanding besok (hari ini),” imbuhnya.(irf)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.