banner 728x250

Distrik Kemtuk Raih Emas Terbanyak Cabor Karate Porkab II

Suasana penutupan pertandingan cabor Karate Porkab II Kabupaten Jayapura tahun 2022 oleh Ketua Harian KONI Kabupaten Jayapura Korneles Yanuaring, bertempat di Aula Puspenka Hawaii, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis 14 Juli 2022 malam.
banner 120x600
banner 468x60

SENTANI, Papuaterkini.com – Pelaksanaan pertandingan cabang olahraga (Cabor) Karate Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) II 2022 Kabupaten Jayapura yang berlangsung di Aula Puspenka Hawai Sentani, Kabupaten Jayapura, sejak Selasa, 12 Juli 2022 kemarin, telah selesai pada Kamis 14 Juli 2022.

Sebanyak 52 atlet terdiri 40 orang dari kontingen 9 distrik dan 12 orang dari 1 kontingen non distrik atau kelas bebas, ikut memperebutkan 32 medali di beberapa kelas yang dipertandingkan dari cabor bela diri ini. Pertandingan dipimpin oleh wasit lisensi AKF 3 orang, wasit lisensi nasional 10 orang dan wasit daerah 2 orang.

banner 325x300

Dalam pertandingan ini, Distrik Kemtuk menjadi kontingen terbaik dengan perolehan 3 emas dan 2 perunggu. Menyusul Distrik Airu dengan koleksi 2 emas dan 1 perunggu. Disusul Distrik Yokari pada posisi ketiga dengan mengumpulkan 1 emas, 3 perak dan 2 perunggu.

Sementara itu, di posisi keempat cabor karate, kontingen non distrik berhasil meraih 1 emas dan 2 perak, menyusul Distrik Sentani Timur dengan 1 emas dan 1 perak. Peringkat keenam adalah Distrik Waibhu dengan memperoleh 1 perak dan 4 perunggu.

Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Cabor Karate Porkab II, Magdalena Yoku mengatakan, pihaknya melaksanakan kegiatan pertandingan selama tiga hari yakni, dua hari untuk refresh wasit juri dan satu hari pertandingan karate.

“Pertandingan di cabor karate ini diikuti oleh 9 kontingen distrik dan satu non distrik, sehingga semuanya 10 kontingen. Kemudian, kontingen yang keluar sebagai juara umum pertama pada cabor karate ini adalah Distrik Kemtuk dengan raihan 3 emas dan 2 perunggu, total raihan medali sebanyak 5 medali,” ucap perempuan yang akrab disapa Maada ini.

“Sedangkan, di urutan kedua adalah kontingen Distrik Airu dengan memperoleh 2 medali emas dan 1 medali perunggu, sehingga totalnya 3 medali. Di posisi ketiga, dari kontingen Distrik Yokari yang berhasil memperoleh 1 emas, 3 perak dan 2 perunggu, totalnya 6 medali,” sambungnya.

Untuk itu, Maada menyampaikan terima kasihnya pada Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam hal ini KONI Kabupaten Jayapura, yang telah menyelenggarakan event Porkab II Kabupaten Jayapura tahun 2022.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi ajang seleksi bagi setiap cabor untuk menyalurkan (mengirim) para atletnya, sehingga menjadi kesempatan kepada atlet-atlet yang direkrut dari tiap kampung-kampung untuk dilatih dan dibina.

“Kita membantu mereka untuk maju ke tingkat yang lebih tinggi lagi dan pemerintah daerah melalui KONI Kabupaten Jayapura telah menjawab hal itu lewat event Porkab kali ini. Salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Porkab II ini adalah karate. Maka itu, kami dari FORKI merasa bersyukur, karena mendapat kesempatan pada event olahraga terbesar di daerah ini. Sehingga pada malam hari ini kegiatan pertandingan di cabor karate boleh dilaksanakan hingga selesai tanpa ada kendala,” imbuhnya.

Ia berharap dari Porkab II ini bisa membuat kebersamaan dan persatuan dari sejumlah perguruan karate yang ada di Kabupaten Jayapura semakin solid.

Untuk diketahui, dalam pelaksanaan Porkab II Kabupaten Jayapura, cabor karate kali ini mempertandingkan kelas bebas atau atlet karate yang sudah lewat batas usia maksimal tampil di ajang Porkab dengan tidak mewakili kontingen distrik atau non distrik.(irf)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.