Ikatan Wanita dan Ikatan Pemuda Gowa Takalar Kota Jayapura Dilantik

Ketua Kerukunan Gowa Takalar Kota Jayapura, Jaharuddin Dg Sila melantik Ikatan Pemuda GOWATA Kota Jayapura di Hote Grand Abe, 3 Juli 2022.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Pengurus Ikatan Wanita Gowa Takalar (IW Gowata) dan Ikatan Pemuda Gowa Takalar (IP Gowata) Kota Jayapura periode 2022 – 2027 secara resmi dilantik oleh Ketua Kerukunan Gowa Takalar Kota Jayapura, Jaharuddin Dg Sila di Hotel Grand Abe, Kota Jayapura, Minggu, 3 Juli 2022.

Pengurus IW Gowata Kota Jayapura ini, diketuai oleh Hj Nurwahidah, sedangkan Pengurus IP Gowata Kota Jayapura diketuai oleh JUlfachri Aprilian Basri, ST.

Ketua Kerukunan GOWATA Kota Jayapura, Jaharuddin Dg Sila mengatakan, meski baru 1 tahun Kerukunan Gowa Takalar Kota Jayapura, tentu masih banyak kekurangan, namun Kerukunan Gowa Takalar telah mampu menyelesaikan beberapa kasus kriminal dengan aman dan damai.

“Begitu pula dalam bidang sosial kemanusiaan, Kerukunan GOWATA telah melibatkan diri dalam beberapa aksi penggalangan dan penyaluran bantuan kemanusiaan seperti terjadi Kebakaran besar pada Oktober 2021 yang mengakibatkan lebih dari 1000 orang kehilangan tempat tinggal. Begitu juga musibah banjir di awal tahun 2022, Kerukunan GOWATA secara aktif melakukan penggalangan dan penyaluran bantuan kemanusiaan,” katanya.

Selain itu, kata Jaharuddin Dg Sila, dalam tubuh organisasi sendiri telah melakukan pelantikan Ikatan Wanita dan Pemuda Gowata Kota Jayapura periode 2022-2027.

“Semoga ibu-ibu dan pemuda yang dilantik, dapat menjalankan organisasi kerukunan sebaik-baiknya. Kami mohon saran dan masukan demi perkembangan organisasi Kerukunan Gowa Takalar untuk lima tahun ke depan,” ujarnya.

Yang jelas, imbuh Jaharuddin Dg Sila, Kerukunan GOWATA akan mendukung program-program pemerintah Kota Jayapura yang mengedepankan kerukunan dan toleransi antar suku dan agama di Tanah Papua.

“Kerukunan GOWATA senantiasa menghormati dan menjunjung tinggi perbedaan adat istiadat daerah, karena kami di Kerukunan GOWATA, perbedaan adat istiadat dan kesenian adalah sangat indah dan sangat perlu dikembangkan. Kami juga memegang prinsip dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, artinya dimanapun warga Gowa Takalar merantau, disitu akan menjunjung tinggi adat istiadat daerah tersebut,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua BPD KKSS Kota Jayapura, Ir H Junaedi Rahim, IAI mengapresiasi dan menyampaikan selamat atas pelantikan IP GOWATA dan IW GOWATA Kota Jayapura. Padahal, Kerukunan GOWATA Kota Jayapura baru dilantik 1 tahun lalu.

“Intinya, kerukunan keluarga dibentuk bagaimana pengurus bisa menjadi pengayom kepada seluruh masyarakat untuk selalu hidup rukun. Kita tidak boleh selalu saling berselisih dalam hal apapun,” kata Junaedi Rahim.

Apalagi, kata Junaedi Rahim yang juga Anggota DPR Papua ini, tujuan hadirnya pengurus kerukunan ini, untuk mendamaikan, menkonfirmasi, membuat semua jadi sejuk dan terarah.

Junaedi Rahim yang menjabat Sekjen Forum Komunikasi Kerukunan Lintas Nusantara ini, mengingatkan agar semua warga KKSS termasuk Gowa Takalar tetap berprinsip dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.

Foto bersama Pengurus Ikatan Wanita GOWATA Kota Jayapura bersama Ketua Kerukunan GOWATA, Jaharuddin Dg Sila bersama Ketua KKSS Kota Jayapura, Ir H Junaedi Rahim dan para tokoh KKSS.

“Jadi, saya harap dari Kerukunan GOWATA tetap menjaga nilai-nilai sosial itu, tidak boleh karena kita orang Makassar terkenal dengan Ewako, lantas kita mau mendominasi, terutama kepada suku asli, itu tolong dihindari. Itu harus dijaga dan tidak boleh kita jadi super di daerah orang, kalau perlu kita jadi bagian dari mereka,” tegasnya mengingatkan.

Ketua DPR Kota Jayapura, Abisai Rollo mengapresiasi terbentuknya kepengurusan IP GOWATA dan IW GOWATA Kota Jayapura. “Saya beri jempol kepada KKSS di Kota Jayapura,” katanya.

Abisai berharap agar semua warga Gowa Takalar turut serta menjaga keamanan, ketertiban dan kedamaian di Kota Jayapura untuk hidup bersama. “Ketika kita merasakan aman dan damai di kota ini, itu adalah sesuatu yang kita ciptakan buat anak cucu kita, yang akan menikmati hidup di kota ini,” ujarnya.

“Kota ini adalah kota kita bersama. Kita hidup bersama. Apalagi, kita semua adalah orang Kota Jayapura. Apalagi, saya dari massa kecil hidup dengan suadara-saudara dari Makassar semua,” sambungnya.

Abisai mengajak warga Gowa Takalar bersama-sama dan bersatu menjaga Kota Jayapura besama dengan paguyuban lain yang ada di Kota Jayapura, sehingga tetap aman dan nyaman.

“Tidak usah pikir pulang kampung lah, kita sama-sama jaga kota ini dengan baik,” imbuhnya.

Dalam pelantikan ini, juga dihadiri Tokoh Sulawesi Selatan, DR Rustan Sarru, Ketua Kerukunan Bone dan Anggota DPR Papua, M Darwis Massi, Ketua Kerukunan Selayar Papua, Ketua Kerukunan Masyarakat Maros, H Kumar, Ketua Pemuda Bone Papua, H Tamrin Ruddin yang juga Anggota DPR Kota Jayapura, Wakil Ketua BPD KKSS Kota Jayapura yang juga Anggota DPR Kota Jayapura, Ir H Mahmud dan Sekretaris BPD KKSS Kota Jayaprua, DR Saling yang juga Anggota DPR Kota Jayapura, Ketua IWSS Kota Jayapura, Tresia Tobi, SH yang juga Anggota DPR Kota Jayapura bersama ketua – ketua pilar. (bat)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *