Sambut HUT ke 65, Group Astra Papua Gelar Donor Darah

Ketua PMI Kota Jayapura, Dr. Ir. H. Rustan Saru, MM, didampingi Branch Manager PT United Tractors Tbk Papua Catur Padutama, menyaksikan langsung kegiatan donor darah Grup Astra Papua 2022 di Kantor PT United Tractors Tbk, Polimak, Kota Jayapura, Sabtu, 16 Juli 2022.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Grup Astra Papua menggelar donor darah di Kantor PT United Tractors Tbk, Polimak, Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Sabtu, 16 Juli 2022. Grup Astra Papua menargetkan terkumpul 500 kantong darah selama tahun 2022 dalam menyemarahkan HUT Astra ke 65.

Kegiatan donor darah Grup Astra Papua ini disaksikan langsung oleh Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jayapura, Dr. Ir. H. Rustan Saru, MM dan Ketua Koordinator Wilayah (Korwil) Grup Astra Papua Lesly Allen Siahaya, Branch Manager PT United Tractors Tbk, Catur Padutama dan staf serta Penanggungjawab P2D2S Kota Jayapura, Siskayanti, SKM.

Ketua PMI Kota Jayapura, Rustan Saru mengatakan, jika PMI Kota Jayapura menargetkan kebutuhan darah antara 1.500 sampai 1.600 kantong setiap bulan. Sementara yang didapatkan rata-rata hanya 600-700 kantong darah secara sukarela, tentu saja masih kekurangan.

“Ada pun kekurangan itu kita dapatkan melalui donor pengganti lewat keluarga yang membutuhkan darah atau donor yang biasa juga ada kadang-kadang donor bayaran. Dalam arti kata kalau sudah nggak ada lagi donor pengganti, mereka mencari orang yang bisa mendonorkan darahnya tentu dengan diberikan imbalan,” ungkap Rustan Saru.

Oleh karena itu, mantan Wakil Wali Kota Jayapura ini mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih, khususnya kepada Grup Astra Papua yang melakukan aksi donor darah untuk mencapai target 500 kantong darah yang ditargetkan.

“Kita berharap apa yang menjadi target teman-teman dari Grup Astra Papua bisa tercapai, bahkan lebih yang kita harapkan,” ujarnya.

Ditambahkan, PMI Kota Jayapura melalui UDD sangat membutuhkan partisipasi masyarakat terkait dengan kebutuhan darah di kota Jayapura maupun di beberapa kabupaten di Papua. “Kita selama ini selalu berkontribusi juga menyumbang darah ke Kabupaten Jayapura, Keerom maupun di daerah lain yang membutuhkan darah,” imbuhnya.

Sementara itu, Branch Manager PT United Tractor, Tbk, Catur Padutama mengatakan kegiatan donor darah ini merupakan salah-satu program Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggungjawab Sosial Perusahaan, untuk menyalurkan atau berkontribusi terhadap masyarakat di sekitar perusahaan.

Dikatakan, pihaknya berupaya untuk mencapai target 500 kantong darah selama tahun 2022, bahkan jika bisa lebih dari itu. “Apalagi, darah ini sangat vital, terutama pada saat orang membutuhkan darah, tapi ternyata persediaan kurang akan menyebabkan kehilangan nyawa,” katanya.

Menurutnya, kegiatan donor darah ini tak hanya berhenti sampai disini, tapi akan dilaksanakan secara rutin. Pasalnya, untuk mencapai target 500 kantong darah tentu tak bisa dilaksanakan sekaligus, tapi dilaksanakan secara bertahap.

“Mudah-mudahan kita bisa capai 100 kantong. Kedepannya 100 kantong lagi dan seterusnya. Kalau kita bisa dapat 100 kantong sebulan, maka setahun kita bisa kumpulkan 1.200 kantong darah,” imbuhnya. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *