68 Perahu Hias Semarakkan HUT RI di Teluk Humbolt

Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw, SE bersama Sekda Papua Dr M Ridwan Rumasukun menyaksikan lomba perahu hias di Teluk Humbolt, 16 Agustus 2022.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Sebanyak 68 perahu hias turut menyemarakkan lomba dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 77 yang digelar DPR Papua di Teluk Humbolt, Kota Jayapura, Papua, Selasa, 16 Agustus 2022.

Mereka melakukan atraksi mengelilingi Teluk Humbolt Kota Jayapura, dengan perahu hias yang dominan merah putih itu. Bahkan, tampak dihias dengan tank tempur, menokok sagu dan lainnya.

Mereka pun kemudian melewati depan juri yang ada di Dermaga Parkir DPR Papua, sambil menunjukkan aksi mereka menyanyi tradisional dan menabuh tifa.

Baca Juga : Sekretariat DPR Papua Gelar Berbagai Lomba Semarakkan HUT RI ke 77

Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw, SE dalam sambutannya pada pembukaan lomba perahu hias ini mengaku terharu melihat antusias peserta lomba perahu hias ini.

“Sungguh ini di luar bayangan kami. Saya berpikir lomba perahu hias ini, akan biasa – biasa saja. Namun, saya melihat antusias dan semangatnya luar biasa,” kata Jhony.

Ketua DPR Papua Jhony Banua Rouw didampingi Ketua Komisi III Benyamin Arisoy, Wakil Ketua Komisi V Kamasan Jack Komboy, ANggota DPR Papua, Yonas Alfons Nussy dan Sekretaris DPR Papua, Juliana J Waromi dan mewakili Danlantamal X Jayapura membuka lomba perahu hias.

Apalagi, ujar Jhony Banua Rouw, peserta memiliki kreatifitas yang tinggi dalam menampilkan perahu hias dalam lomba ini, yang diisi dengan budaya yang luar biasa.

“Banyak hal yang bisa dilihat dalam lomba perahu hias ini. Ada yang tampil dengan baju-baju adatnya, ada tarian, ada menokok sagu diatas perahu. Ini menunjukkan bahwa kita sangat mencintai budaya dan kearifan lokal kita dan kita sangat mencintai negara Republik Indonesia,” ujarnya.

“Saya melihat bahwa dari awal panitia melaporkan akan diikuti 30 peserta, namun ternyata melonjak menjadi 68 peserta lomba perahu hias,” sambungnya.

Hal itu, imbuh Jhony, menunjukkan antusias luar biasa dari masyarakat untuk turut serta merayakan HUT Kemerdekaan RI ke 77.

Untuk itu, Jhony berharap lomba perahu hias ini, bukan hanya kali ini saja, tapi akan dilakukan pada tahun-tahun berikutnya. Ini akan menjadi agenda rutin DPR Papua dan dibuat tiap tahun dalam rangka HUT Kemerdekaan RI setiap 17 Agustus serta bakal meriah lagi.

“Saya berharap perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 77 kali kita mengisi kemerdekaan ini dengan baik, kita menjaga keutuhan NKRI, kita membangun pembangunan di Tanah Papua dengan baik. Semua komponen masyarakat mengambil bagian untuk pembangunan di Tanah Papua, untuk kemajuan rakyat Papua,” imbuhnya.

Wakil Ketua MRP menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba perahu hias usai sidang paripurna DPR Papua mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI di ruang sidang DPR Papua, 16 Agustus 2022.

Sementara itu, dari lomba ini, sesuai keputusan dewan juri, juara 1 diraih perahu nomor 7 dengan nilai 2700, juara 2 perahu nomor 21 dengan nilai 2400, juara 3 perahu nomor 42 dengan iali 2.395 dan juara harapan 1 perahu nomor 18 dengan nilai 2.385, juara harapan 2 perahu nomor 4 dengan nilai 2.365 dan juara harapan 3 perahu nomor 36 dengan nilai 2.345.

Sementara, Sony Waromi Koordinator Kampung Argapura Apere Perahu Hias Nomor 7, mengaku bangga bisa juara 1 dalam lomba perahu hias yang digelar DPR Papua.

“Kami rasa bersyukur bisa menang. Kami harap tahun depan bisa digelar lagi dan kami siap untuk mengikuti, apalagi ini digelar dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI,” imbuhnya.

Ia berharap dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI ini, Tuhan akan memberkati pemerintah, bangsa dan negara ini agar lebih maju lagi. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *