Jelang Musda, KNPI Harap Dukungan Pemkab Jayapura

Ketua Carateker KNPI Jayapura, Carel Suebu.
banner 120x600
banner 468x60

SENTANI, Papuaterkini.com – Ketua Carateker KNPI Kabupaten Jayapura Carel Suebu mengatakan, pihaknya kini sedang menghadapi pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) yang ke-XIV Tahun 2022 sebagai tugas terakhir dirinya sebagai Ketua Carateker bersama dengan kepengurusan lainnya.

Pelaksanaan Musda XIV DPD KNPI Kabupaten Jayapura yang awalnya direncanakan pada tanggal 30-31 Agustus 2022 lalu. Namun, acara tersebut batal dilaksanakan, karena banyaknya event yang terjadi di Agustus 2022 ini, salah satunya kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Kabupaten Jayapura, Papua, sehingga pelaksanaan Musda XIV akan dilakukan pada 15-16 September 2022.

Untuk itu, ia berharap dukungan dari Pemerintah Kabupaten Jayapura. Sebab, keberadaannya KNPI adalah mitra pemerintah, sehingga di setiap kegiatan KNPI, maka pemerintah harus ambil bagian dan memberikan dukungan.

Carel Suebu mengatakan, sesuai dengan jadwal awal yang telah ditentukan, Musda itu dilaksanakan pada 30-31 Agustus 2022 lalu. Tetapi, pelaksanaanya tertunda akibat melihat banyak dan padatnya agenda pemerintah di media Agustus 2022 lalu.

Lebih lanjut, penundaan Musda tersebut juga sebagai wujud dari dukungan pemuda terhadap semua agenda-agenda penting pemerintah, yang sudah berlangsung di daerah ini, sehingga pemerintah juga dapat memberikan perhatian dan dukungan terhadap rencana pelaksanaan agenda penting pemuda di Bumi Khenambay Umbay, yaitu Musda DPD KNPI ke- XIV Kabupaten Jayapura tahun 2022.

“Harapannya, kepada pemerintah bisa membantu kami untuk melaksanakan menyelenggarakan event agenda penting pemuda di Kabupaten Jayapura, itu yang kami mohon dukungan dari bapak bupati sebagai pemerintah daerah bisa membackup kami agar bisa melaksanakan agenda penting pemuda di daerah ini, karena pemuda ini harus diberikan ruang untuk mengekspresikan kemampuan mereka dalam kancah pemuda di Kabupaten Jayapura ke depan,” harapnya.

Selain itu, Carel juga mengakui, ke depan masih banyak agenda pemerintah yang hendak dilaksanakan. Untuk suksesi agenda-agenda tersebut, tentu juga dibutuhkan keterlibatan dan peran pemuda. Untuk itu, pemerintah dapat berikan dukungan agar Musda XIV segera terlaksana dan ketua KNPI dipilih. Dengan demikian, ketua yang baru bersama dengan kepengurusannya akan menggerakkan segala potensi pemuda untuk mendukung dan membackup semua agenda penting pemerintah yang akan terjadi di daerah ini.

Ditambahkan, sejak 27 Mei 2022 lalu, dirinya sebagai ketua dan pengurus Carateker DPD KNPI Kabupaten Jayapura telah diberikan amanah oleh KNPI Provinsi Papua, untuk melakukan konsolidasi dan reorganisasi di KNPI Kabupaten Jayapura secepatnya.

Sejak diberikan mandat itu sebagai ketua carateker, imbuh Carel, semua tugas dilakukan dalam kurun waktu tiga bulan. Mulai dari konsolidasi, Rapimpurda, sejumlah tugas-tugas lainnya dan Musda adalah tugas terakhir yang hendak dilakukan oleh dirinya bersama rekan-rekan pengurus carateker lainnya.

Carel menjelaskan, Rapimpurda itu sudah dilaksanakan sejak 13 Juni 2022. Dalam Rapimpurda itu telah diputuskan kepesertaan dari OKP dan KNPI Distrik. OKP yang sudah terdaftar untuk mengikuti musyawarah daerah ada sekitar 117 OKP dan jumlah itu adalah keseluruhan OKP hasil dari musyawarah derah ke-XIII yang terakomodir dan terkonsolidasi kembali dalam kepesertaan untuk Musda KNPI ke-XIV tahun 2022. Sedangkan untuk KNPI, tetap KNPI 19 distrik.

“Dengan jumlah tersebut, menandakan bahwa seluruh komponen OKP yang berhimpun di wadah pemuda KNPI itu sudah menyatakakan telah bersedia dan berkomitmen, untuk melaksanakan Musda ke-XIV,” tandas pria yang berencana untuk maju sebagai calon anggota DPD RI di Pemilu 2024 nanti.

SC Musda KNPI Kabupaten Jayapura, Ixak R Hikoyabi.

Senada dengan Ketua Carateker KNPI, Ketua SC Musda KNPI Kabupaten Jayapura, Izak Randy Hikoyabi menyebutkan, bahwa Ketua Carateker bersama pengurus yang lain telah melakukan semua tahapan yang adalah bagian dari tugas-tugasnya.

Menurutnya, dengan diselesaikan sejumlah tahapan termasuk di dalamnya konsolidasi organisasi, inventarisir OKP dan KNPI Distrik itu mewujudkan bahwa semua pemuda di daerah ini telah bersatu untuk berkarya bagi negeri ini lewat wadah KNPI.

Sebab itu, mantan Komisioner KPU Papua ini pun mengharapkan agar pemerintah daerah dapat memberikan perhatian dan dukungan agar rencana pelaksanaan Musda XIV sebagai tugas terakhir dari Carateker beserta pengurus boleh terlaksana. Lebih daripada itu, upaya pemuda untuk berhimpun dalam sebuah wadah itu dapat benar-benar terwujud dalam KNPI Kabupaten Jayapura.

“Kami dari SC juga MPI mengharapkan agar semua komponen pemuda di daerah ini untuk memberikan dukungan dengan cara terlibat secara langsung dalam pelaksanaan Musda ke-XIV DPD KNPI Kabupaten Jayapura,” harap pria yang juga Ketua MPI KNPI Kabupaten Jayapura tersebut.(irf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *