banner 728x250

Pengurus KOMPAK Papua dan Kota Jayapura Dilantik, Ini Pesan Bupati Pangkep

Ketua BPW KOMPAK Papua H Haedar Muharrar menyerahkan cinderamata kepada Bupati Pangkep.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Bupati Kabupaten Pangkep Muhammad Yusran Lalogau bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Pangkep Ny. Nurlita Wulan Purnama menghadiri pelantikan dan pengukuhan Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Organisasi Masyarakat Pangkep (KOMPAK) Papua dan Badan Pengurus Daerah (BPD) KOMPAK Kota Jayapura periode 2022-2027.

Pelantikan tersebut berlangsung di Suni Hotel & Convention Abepura, Kota Jayapura, Papua, Jumat, 2 September 2022 malam sekitar pukul 20.00 WIT yang dihadiri Gubernur Papua Lukas Enembe diwakili Staf Ahli Gubernur Papua Cyfrianus Y Mambay, SPd, MS, sejumlah pejabat Pemkot Jayapura, unsur Forkominda Provinsi Papua dan Kota Jayapura, Ketua KKSS Papua H Mansur, Ketua KKSS Kota Jayapura H Junaedi Rahim, ketua-ketua pilar KKSS seperti Ketua DPP KKM Bone Papua H Darwis Massie, ketua-ketua paguyuban, Ketua Sopan Kabupaten Jayapura H Abd. Karim, Ketua KKSS Kabupaten Jayapura H Wagus Hidayat dan Ketua Umum DPP KOMPAK Sukhri Syawir.

banner 325x300

Pada sambutannya di depan warga Pangkep yang hadir dalam acara pelantikan tersebut, Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau memaparkan program kerjanya yang telah dijalankan di Kabupaten Pangkep dan juga memaparkan profil daerah Kabupaten Pangkep.

“Jadi, Pangkep adalah Pangkajene dan Kepulauan yang bisa kita sebut dengan Kabupaten Pangkep. Kemudian, Kabupaten Pangkep memiliki 13 Kecamatan (Distrik) yakni, 2 kecamatan di wilayah pegunungan, 7 kecamatan di daratan dan 4 kecamatan di kepulauan,” papar Bupati Pangkep MYL, demikian sapaan akrabnya.

Bahkan, kata Bupati Yusran, Pangkep adalah salah satu miniatur dari Indonesia yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan.

Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau didampingi Ketua BPW KOMPAK Papua, H Haedar Muharrar menyerahkan pataka kepada Ketua BPD KOMPAK Kota Jayapura, H Muhammad.

Bupati Yusran menjelaskan program-program kerjanya seperti kesehatan dan juga pendidikan yaitu, memberikan seragam baju gratis untuk anak-anak. Selain itu, Bupati Yusran memaparkan seluruh programnya itu harus menjangkau ke semua masyarakat Kabupaten Pangkep yang ada di tiga wilayah tersebut.

“Maka dari itu, program-program ada yang kami targetkan itu bagaimana semua program-program pemerintah ini bisa menjangkau tiga wilayah tersebut, yakni pegunungan, daratan dan juga kepulauan yang ada di Kabupaten Pangkep. Jadi, ini semua untuk masyarakat Pangkep kita,” jelas mantan Ketua DPRD Kabupaten Pangkep tersebut.

Bupati Yusran menyampaikan kepada pengurus KOMPAK Provinsi Papua dan KOMPAK Kota Jayapura yang baru saja dilantik agar bisa melakukan pendataan terhadap warga Pangkep yang ada di Provinsi Papua maupun di Kota Jayapura.

“Untuk pengurus KOMPAK terlebih dahulu, baik itu wilayah (provinsi) atau kota, harapan saya yang pertama itu, bagaimana kita bisa mengumpulkan (mendata) warga kita sendiri khususnya orang Pangkep. Karena tidak dipungkiri, mungkin masih ada keluarga kita yang mungkin bisa saja kita tidak tahu ada di Provinsi Papua atau di Kota Jayapura. Disinilah yang saya harapkan dari pendataan warga Pangkep ini, kita bisa saling menjaga sesama kita orang Pangkep di tanah rantau,” ujarnya.

Bupati menyarankan pengurus KOMPAK yang baru dilantik ini, untuk segera melakukan rapat kerja (Raker) guna menentukan program-program kerja apa saja yang akan dilakukan oleh pengurus baru ini, serta membuat program kerja yang mendukung visi misi Pemerintah Provinsi Papua maupun Pemerintah Kota Jayapura.

Pengurus BPW KOMPAK Papua dan BPD KOMPAK Kota Jayapura foto bersama usai dilantik.

“Saya berharap, pengurus di tingkat wilayah dan kota Jayapura yang telah dilantik ini, untuk melaksanakan rapat kerja. Dari rapat kerja pengurus baru inilah yang kita harapkan, bagaimana mereka dapat mensinkronkan visi misi pemerintah daerah Kabupaten/Kota maupun provinsi yang ada di wilayah ini, bisa gabung atau padukan dengan program kerja mereka,” harapnya.

“Istilahnya, ada yang bisa di sinkronkan untuk mendukung visi mis pemerintah daerah di sini. Karena tidak bisa di pungkiri, bahwa kita juga dapat mensupport apa yang dilakukan oleh pemerintah’ta yang ada di wilayah’ta di sini,” sambungnya.

Bupati berpesan kepada masyarakat Pangkep khususnya pada kaum millenial (anak muda) yang ada di Provinsi Papua maupun di Kota Jayapura, agar dapat menjaga nama besar Kabupaten Pangkep.

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat asal Kabupaten Pangkep, sebagai bupati saya hanya berpesan agar menjaga nama daerah Pangkep kita. Jangan mencoreng nama daerah kita, tetap di jaga dan bagaimana nama daerah kita Kabupaten Pangkep ini tetap baik. Serta, sebagai orang Sulawesi Selatan yang ada disini, Paentengi Siri’nu, terus kita harus Sipakalebbi, Sipakainge dan Sipakadeceng,” pesannya.

“Istilahnya, semua yang selalu di ajarkan oleh orang-orang tua kita itu menjadi pengingat bagi kita sebagai perantau di Provinsi Papua,” imbuhnya.

Di akhir acara, Bupati Pangkep Yusran memberikan cinderamata kepada Staf Ahli Gubernur Papua dan perwakilan Pemkot Jayapura, serta Ketua BPW KOMPAK Papua H. Haedar Muharrar, juga memberikan cinderamata kepada Bupati Pangkep.

Sementara itu, Ketua KOMPAK Provinsi Papua, H Haedar Muharrar mengatakan, jika pihaknya akan segera melakukan konsolidasi organisasi dan menggelar rapat kerja untuk menyusun program kerja.

“Kami akan konsolidasi termasuk dengan pilar-pilar dibawah Pangkep, untuk meningkatkan silaturahmi, menyatukan semua pilar dan sekaligus mengetahui jika ada permasalahan terjadi, maka bisa diketahui langsung dan sekaligus mencari solusinya,” kata Haedar.

Yang jelas, dalam program kerja nanti, ujar Haedar, pendataan warga Pangkep di Papua dan kabupaten/kota di Papua menjadi prioritas utama, termasuk membentuk kepengurusan KOMPAK di daerah, karena saat ini baru terbentuk di Mimika dan Serui.

“Saya akan laksanakan amanah organisasi ini, termasuk pendataan warga Pangkep. Saya harap warga Pangkep bersatu, saling membantu dan meningkatkan silaturahmi,” imbuhnya.

Haedar mengaku bangga lantaran pelantikan  pengurus KOMPAK dihadiri Bupati Pangkep hingga jajarannya termasuk kepala desa. 

Ketua BPW KOMPAK Papua, H Haedar Muharrar disaksikan Bupati Pangkep menadatangani berita acara pelantikan Pengurus BPD KOMPAK Kota Jayapura.

Ketua BPD KOMPAK Kota Jayapura, H Muhammad bersyukur karena pelantikan pengurus KOMPAK Papua dan Kota Jayapura berlangsung sukses.

“Tidak ada kata yang bisa saya ucapkan, selain Alhamdulillah karena terwujud sesuai niat kami Orang Pangkep bisa terlaksana dengan baik dan sukses,” imbuhnya.

Ketua Panitia Pelantikan KOMPAK, Ardi bersyukur, ternyata pelantikan pengurus KOMPAK Papua dan Kota Jayapura ini, dihadiri warga Pangkep. Bahkan, melebihi dari yang ditargetkan hingga mencapai 700 warga yang hadir.

“Kami mengapresiasi dukungan warga Pangkep, karena seluruh Papua mensupport, bahkan dari Timika hadir 10 orang untuk menyaksikan pengurus wilayah, apalagi dihadiri Bupati Pangkep bersama rombongan, termasuk 19 orang mulai kepala OPD, camat dan kepala desa,” imbuhnya.(irf/bat)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.