Milad ke 53, SMP Hikmah Yapis Jayapura Reuni Akbar dan Kukuhkan Ikatan Alumni

Foto bersama pengurus Ikatan Alumni SMP Hikmah Yapis Jayapura periode 2023 - 2026 usai dikukuhkan Kepala SMP Hikmah Yapis Jayapura, Sri Kusrini Tri Yunianti disela-sela Milad ke 53 SMP Yikmah Yapis Jayapura dan Reuni Akbar tahun 2023,. Sabtu, 14 Januari 2023.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Dalam rangka Milad ke 53, SMP Hikmah Yapis Jayapura menggelar Reuni Akbar sekaligus Pengukuhan Ikatan Alumni SMP Hikmah Yapis Jayapura yang berlangsung di halaman sekolah itu, Sabtu, 14 Januari 2023.

Supriyanto menjadi Ketua Ikatan Alumni SMP Hikmah Yapis Jayapura periode 2023-2026 setelah dikukuhkan Kepala SMP Hikmah Yapis Jayapura Sri Kusrini Tri Yunianti bersama pengurus lainnya di sela-sela kegiatan Milad ke 53 SMP Hikmah Yapis Jayapura dan reuni akbar tahun 2023.

Pengukuhan itu disaksikan langsung Asisten II Setda Kota Jayapura Widhy Hartanti, Sekretaris Dinas P&K Kota Jayapura Abdul Majid, Ketua Yapis Cabang Jayapura H.Yana.

Supriyanto sapaan akrabnya Supri mengaku, untuk pertama kalinya SMP Hikmah Yapis Jayapura terbentuk Ikatan Alumni maka diharapkan dukungan dari semua alumni agar bisa bersama-sama mendukung eksistensi ikatan alumni SMP Hikmah Yapis Jayapura dan nantinya akan dilakukan rapat
untuk melakukan konsolidasi dalam menjalin tali silaturahmi sekaligus membahas program kerja periode 2023-2026.

Supri yang aktif juga dalam kegiatan organisasi sosial dan kemasyarakatan mengungkapkan, untuk program kerja nantinya ia akan menitik beratkan bagaimana membuat kompak ikatan alumni secara intern dengan menjalankan komitmen bersama, dan membuat program kerja eksternal ikut membantu program pemerintah Kota Jayapura, termasuk Forkopimda dan sosial kemasyarakatan,  sehingga kehadiran Ikatan Alumni SMP Yapis Jayapura memberikan andil positif di semua sektor terutama untuk layanan peningkatan dunia Pendidikan di SMP Hikmah Yapis dan pembangunan di Kota Jayapura.

 “Terima kasih atas amanah yang telah diberikan ini , saya harap semua bisa pengurus dan alumni bisa konsisten dan saling mendukung dalam menjaga eksistensi ikatan alumni SMP Hikmah Yapis Jayapura, kita harus berikan kontribusi di sekolah maupun kehadiran kita di tengah-tengah masyarakat harus ada manfaatnya juga,’’ katanya.

Kepala SMP Hikmah Yapis Jayapura Sri Kusrini Tri Yunianti mengatakan, yang melatarbelakangi terbentuknya ikatan alumni SMP Yapis Jayapura adalah pada saat itu ada kegiatan MPLS dan salah satu yang memberikan motivasi adalah salah satu tokoh alumni yaitu H. Ahmad Jainuri pada saat itulah terbesit untuk membentuk Ikatan Alumni SMP Hikmah Yapis Jayapura karena dari 53 tahun lalu belum terbentuk, sehingga di bulan Juli 2022 dilakukan beberapa kali rapat hingga terbentuk.

“ Sekarang ini telah dilakukan pengukuhan ikatan alumni SMP Hikmah Yapis Jayapura, kami berharap dengan pengukuhan ini alumni ikatan SMP Hikmah Yapis Jayapura bisa terus kompak dan semakin memberikan kontribusi untuk SMP Hikmah Yapis Jayapura maupun bisa berkontribusi juga secara eksternal dalam membantu peningkatan Pendidikan di Tanah Papua,’ katanya.

Sementara itu, perayaan Milad ke 53 SMP Hikmah Yapis Jayapura ada ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan ada doa dan dzikir bersama, anjangsana ke panti jompo di sentani, family gathering antar guru, lomba antar SD se Jayapura Utara dimana tujuannya untuk mencari bibit-bibit dan juga tentunya siar islam dan lomba antar kelas Puncak kegiatan dirangkai dengan pengukuhan ikatan alumni SMP Hikmah Yapis Jayapura.

Diakui, SMP Hikmah Yapis Jayapura saat ini telah memiliki banyak prestasi dan prestasi terbesar yang baru kami raih menjadi  nominasi 15 sekolah terbaik nasional pelaksanaan UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia) dan masih banyak sekali prestasi yang diukir oleh peserta didik di sana.

Menurutnya, SMP Hikmah Yapis Jayapura tidak hanya berprestasi dibidang akademik dan non akademik juga banyak prestasi, sehingga semua prestasi yang diraih ini akan menjadi pemicu semangat untuk terus belajar lagi.

Sri, sapaan akrabnya, mengatakan, tantangan dan kendala tentu masih ada dimana tentunya ini dampak daripada pandemi sangat terasa dirasakan, dimana pembentukan karakter siswa motivasi belajar siswa pada awal tahun ajaran ini benar-benar, literasi baca menurun, HP dipegang bukan untuk media belajar lebih banyak untuk game. Sehingga dari kendala ini solusinya yakni pihaknya tidak menutup diri untuk perkembangan teknologi, namun pada saat anak-anak di sekolah sekolah menyediakan tempat-tempat HP di bawah pengawasan wali-wali kelas. HP tetap wajib untuk media pembelajaran, namun pada saat-saat tertentu jika HP tidak digunakan ditaruh di wali kelas. Karena HP jelas salah satu media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan.

Selain itu, SMP Hikmah Yapis Jayapura juga sebagai sekolah ramah anak yang sudah dicanangkan pada saat Milad Ke-53 dan untuk Bullying di SMP Hikmah Yapis Jayapura usia SMP memang usia mencari jati diri kecil-kecil ada tapi untuk bullying besar tidak ada.

Pj Wali Kota Jayapura Frans Pekey dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Setda Kota Jayapura Widhy Hartanti mengatakan, Keberadaan SMP Hikmah Yapis di Kota Jayapura tentunya sudah menggoreskan Tinta Emas dari awal berdirinya hingga saat ini, banyak prestasi -prestasi yang diperoleh, baik dalam bidang Pendidikan, olahraga, seni budaya dan lain-lain. Selain itu, SMP Hikmah Yapis Kota Jayapura  telah melahirkan alumni yang mampu bersaing dan kompetensi serta integritas dan bekerja pada berbagai Lembaga pemerintah dan bekerja pada berbagai Lembaga pemerintah dan swasta baik di pusat maupun di daerah.

Untuk itu, melalui Milad ke 53, SMP Yapis Jayapura diharapkan bukan hanya sekedar sebuah acara seremonial saja untuk kesenangan belaka, namun dari itu, diharapkan perayaan ini salah satu bentuk refleksi diri atas apa yang telah terjadi di sekolah ini.

“Mari jadikan perayaan Milad sebagai salah satu bentuk intropeksi diri, untuk mewujudkan visi misi  sekolah ini agar dapat mempertahankan prestasi yang telah diukir sehingga sekolah ini semakin
eksis dan diperhitungkan dalam dunia pendidikan yang semakin hari semakin memiliki tantangan yang berat,’’ pesannya. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *