PKS Kota Jayapura Gandeng RKI Gelar Senam Sehat

Suasana senam sehat DPD PKS Kota Jayapura bersama RKI.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Sejarah pandemi Covid-19 telah meninggalkan bekas mendalam dalam ingatan masyarakat seluruh dunia. Outbreak-outbreak lainnya juga pernah mengingatkan manusia untuk mawas diri dan menjaga kesehatan tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa terserang Covid-19 dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Untuk mengurangi risiko penyakit turunan karena penurunan kekebalan tubuh, salah satu langkah sederhana yang dapat diambil adalah dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin.

Berbagai paguyuban dan komunitas kompleks telah menginisiasi kegiatan kecil yang dianggap sepele, namun memiliki dampak besar bagi kesehatan. Namun, kegiatan ini sering hanya diketahui oleh warga sekitar saja.

Berbeda dengan PKS Kota Jayapura yang bekerja sama dengan RKI (Rumah Keluarga Indonesia) untuk mengadakan rutin kegiatan senam sehat sebagai bagian dari program PKS Menyapa Masyarakat.

“Meskipun terlihat sederhana, masyarakat, terutama ibu-ibu, merasa terbantu dan senang dengan adanya kegiatan senam ini. Irama senam yang bersemangat, seperti senam nusantara dan senam Go PKS Go, berhasil meningkatkan semangat dan energi selama berolahraga,” kata Ketua DPD PKS Kota Jayapura, Heri Suprayitno.

Namun, agar kesehatan masyarakat dapat meningkat secara kumulatif, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Selain aktivitas fisik, perlu juga mendukung sarana dan prasarana kesehatan, seperti fasilitas taman yang dilengkapi dengan alat olahraga sederhana. Sayangnya, di Kota Jayapura, fasilitas taman yang difungsikan sebagai area jogging dan olahraga masih terbatas.

“PKS memiliki perhatian khusus dalam percepatan kesehatan publik dan berkomitmen untuk memperbaiki fasilitas-fasilitas tersebut, karena kita semua tahu, mencegah lebih baik daripada mengobati,” ujarnya.

Selain itu, kata Heri, selain aktivitas fisik, pemilihan makanan juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Keanekaragaman budaya di Indonesia juga tercermin dalam ragam makanan yang dikonsumsi masyarakat. Namun, perlu diperhatikan porsi dan jenis konsumsi makanan yang sesuai dengan umur dan kondisi tubuh. Di Papua khususnya, makanan-makanan “kampung” yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti umbi-umbian rebus, jagung, dan papeda, menjadi pilihan yang baik untuk mempercepat metabolisme tubuh berdasarkan hasil penelitian.

Menurutnya, tentu saja, gaya hidup sehat juga mencakup keputusan untuk tidak merokok dan menghindari minuman keras. Dengan beban pekerjaan dan tugas yang tinggi, stres menjadi masalah umum di kehidupan modern. Kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkohol sebagai bentuk “healing” yang tidak sehat dapat membahayakan kesehatan tubuh.

PKS selalu menghmbau masyarakat untuk dapat berdikari dalam hal kesehatan, terutama dalam hal pencegahan sederhana melalui aktivitas fisik, seperti senam. PKS meyakini bahwa tubuh yang bugar sepanjang usia akan memungkinkan individu untuk beraktivitas secara maksimal, membangun, dan berkontribusi positif untuk negeri. Dengan adanya kegiatan senam sehat secara rutin, PKS Jayapura berkomitmen untuk terus mendukung masyarakat dalam hidup sehat dan aktif.(bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *