Ribuan Umat Islam Kota Jayapura Pawai Akbar Sambut 1 Muharram

Ribuan umat Islam di Distrik Heram, Kota Jayapura melakukan pawai akbar dalam menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Ribuan umat Islam yang ada di Kota Jayapura mengikuti Pawai Akbar dalam rangka menyambut dan memeriahkan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah, Rabu, 19 Juli 2023.

Pawai Akbar yang digelar BKMM Distrik Heram, Kota Jayapura ini, dimulai dari Lapangan Bucen III Waena, yang diikuti umat Islam dari beberapa masjid di Distrik Heram, dengan rute menuju ke arah Expo Waena, kemudian berputar di Jl Belut Waena, Zipur Waena dan kembali ke Lapangan Bucen III Waena.

Tahun Baru Islam ini diwarnai dengan pembagian doorprize dengan hadiah utama 1 unit sepeda motor Honda, kulkas, mecin cuci, TV, kompor gas dan sembako. Bahkan, dalam kesempatan ini, dibagikan santunan berupa sembako sebanyak 350 paket untuk kaum duafa yang diserahkan secara simbolis oleh Danrem 172/PWY diwakili Kasie Pers Letkol Inf Ali Mahmudi.

Dalam kesempatan ini, juga digelar Tabligh Akbar dengan menghadirkan Ustadz Sofyan Al Jauhari sebagai penceramah. Ustadz Sofyan menyampaikan jika bulan Muharram merupakan bulan yang bulan mulia. Sebab, ada peristiwa yang terjadi dalam bulan Muharram ini.

“Pertama tobatnya Nabi Adam diterima pada bulan Muharram. Kedua, pada zaman Nabi Nuh ketika umatnya tenggelam, Nabi Nuh bersama umatnya yang beriman naik kapal. Ketiga, selamatnya Nabi Musa pada bulan Muharram. Selanjutnya, sembuhnya Nabi Ayub juga pada bulan Muharram dan terakhir Nabi Isa diangkat ke langit pada bulan Muharram,” katanya.

Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Dedi Hardono dalam sambutannya yang disampaikan Kasie Pers Letkol Inf Ali Mahmudi menyambut baik pawai akbar dalam rangka menyambut dan menyemarakkan Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah.

Menurutnya, peringatan Tahun Baru Islam merupakan tradisi positif yang patut dilestarikan dan bisa dijadikan sebagai wahana untuk melakukan perbaikan diri dengan bermuhasabah atau instrospeksi diri sebagai hamba Allah.

“Kegiatan ini, menunjukkan bahwa masyarakat sangat antusias dalam menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah. Selain sebagai siar Islam, kegiatan ini juga dapat mendorong agar tubuh kita sehat dengan jalan santai dan sekaligus mengenalkan sejarah Islam kepada generasi Muslim sejak dini agar tidak mudah dipengaruhi dan terlena dengan budaya-budaya barat yang tidak sesuai dengan budaya Islam,” katanya.

Ketua BKMM Distrik Heram, Musawir Sabri menyampaikan terimakasih kepada semua pihak, sehingga acara pawai akbar dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam ini bisa berlangsung dengan semarak. Ia pun mengajak umat Islam untuk mempertahankan BKMM hingga tetesan darah terakhir.

Ketua Panitia, H Safei mengatakan jika pawai akbar menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah ini merupakan program kerja tahun BKMM Distrik Heram. “Acara ini dikemas sederhana tapi meriah. Tahun ini, kita bisa santuni kaum duafa sebanyak 500 paket sembako. Intinya, kita harus berbagi,” ungkap Safei.

Bahkan, dalam pawai akbar ini, diwarnai dengan penarikan kupon hadiah doorprize berupa 1 unit motor, kulkas, mesin cuci, TV, kompor gas, sembako dan lainnya.(bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *