Air melimpah, Mamberamo Raya layak jadi lumbung pangan

Jayapura, Jubi  – Balai Wilayah Sungai (BWS) Papua menyebutkan Kabupaten Membramo Raya layak menjadi lumbung pangan dan peputaran ekonomi. Hal ini karena kondisi wilayah punya sumber daya airnya melimpah.

“Sangat  potensial dijadikan lumbung pangan untuk wilayah Papua bagian utara,” kata Kepala BWS Papua, Yulianus Mambrasar, di Jayapura, Minggu 0/10/2017.

Yulianus yang baru menerima jabatan sebagai kepala balai pada Sabtu malam (30/9/2017) itu, menyebutkan potensi air tinggal disiapkan infrastruktur dengan cara membangun jaringan irigasi.

“Karena lahannya sangat besar. Tinggal dari pemerintah daerah saja apakah sudah ada program ke sana,” kata  Yulianus menambahan.

Ilustrasi, Dam Sirinumu yang memasok listrik dengan kekuatan air kepada ibukota Port Moresby, dibuka pada 1963. Jubi/ RNZ

Ia menyebutkan tingginya debit air di kawasan itu bisa dijadikan pembangkit listrik, hal itu berdasarkan riset yang menunjukan sumber daya air di wilayah Membramo Raya dipengaruhi oleh banyaknya sungai yang memiliki debit air deras.

Meski begitu ia menyebutkan masih perlu kajian khusus guna mengetahui jenis tekhnologi dan penggunaan alat yang tepat. “Sepertinya perlu ada sentuhan teknologi terbaru,” katanya.

Sementara itu, mantan Kepala BWS Papua, Happy Mulya, yang kini menjabat sebagai Kepala Sub Bidang Perencanaan Irigasi dan Rawa Ditjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, meminta Yulianus segera menyusun rencana program untuk membangun sistem pengairan di Mamberamo Raya.

“Potensi air di Mamberamo Raya sangat melimpah, daerah itu harus digarap dan tolong segera buat perencanaannya,” katanya. (*)

Tinggalkan Balasan