Bupati Awoitauw Harap Presiden Jokowi Buka Kongres AMAN dan FDS

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw foto bersama Direktur Industri Musik, Film dan Animasi Kemenparekraf RI, Amin Abdullah di The Hele Yo Cafe, Kampung Sereh Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis, 14 April 2022.
banner 120x600
banner 468x60

SENTANI, Papuaterkini.com – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw berharap Presiden Joko Widodo bisa hadir dan membuka acara Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) VI dan Festival Danau Sentani (FDS) pada Oktober 2022 mendatang.

Harapan ini disampaikan Bupati Awoitauw didampingi Ketua Kadin Kabupaten Jayapura, Jaap A Suebu dan Ondofolo Kampung Sereh, Yanto Eluay saat menerima kunjungan kerja Direktur Industri Musik, Film dan Animasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Amin Abdullah di The Hele Yo Cafe, Kampung Sereh, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin, 14 April 2022.

“Kami berharap bapak Presiden bisa hadir dan sekaligus membuka kedua kegiatan itu,” kata Bupati Awoitauw.

Dikatakan, event FDS yang dirangkai dengan Kongres AMAN yang akan berlangsung pada Oktober 2022 itu, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kebangkitan Masyarakat Adat (KMA) di Kabupaten Jayapura.

“Panggung ini bagaimana menampilkan pagelaran budaya dan musik yang khas Papua dengan anak-anak muda dari seluruh Nusantara yang akan berkumpul disini dan itu bisa menjadi satu persembahan yang luar biasa untuk Papua maupun Indonesia. Event ini akan terjadi sebuah kekeluargaan dan persaudaraan, terus anak-anak muda hari ini yang aman tampil dalam event besok ini harus bisa tunjukkan satu terobosan. Bahwa, keberagaman yang kita miliki itu merupakan kekuatan besar,” kata Bupati Awoitauw.

Bupati Awoitauw berharap agar jangan lagi perbedaan-perbedaan itu terus menyita waktu kita dimana-mana, dengan mempersoalkan satu sama lain.

“Nah, besok ini akan dilakukan, bahwa ini dunia kami, anak-anak muda akan merebut masa depan secara damai dan rasa persaudaraan, tetapi juga keunggulan-keunggulan maupun keunikan-keunikan dari seluruh Nusantara itu akan menjadi kekuatan untuk Indonesia yang lebih hebat,” jelasnya.

Menurutnya, kedua acara ini sangat spektakuler dan bisa mempersatukan semua kekuatan, semua kebudayaan dan juga semua keunggulan-keunggulan yang dimiliki di seluruh Nusantara.

Mathius Awoitauw yang juga pencetus Kebangkitan Masyarakat Adat (KMA) Kabupaten Jayapura itu, menambahkan bahwa event yang  akan dilakukan di Kabupaten Jayapura itu ada beberapa kegiatan sekaligus, yakni  ada Kongres AMAN VI di Wilayah Adat Tabi, FDS dan sekaligus memperingati 9 tahun Kebangkitan Masyarakat Adat  di Kabupaten Jayapura. (irf)

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *