Gangguan Jaringan Internet di Merauke Akan Pulih Bulan Mei

Warga Merauke tengah mencari jaringan internet yang saat ini tengah menggalami gangguan akibat kabel optic putus di Kimam.
banner 120x600
banner 468x60

MERAUKE, Papuaterkini.com – Dalam dua pekan terakhir ini, jaringan internet di Kota Merauke dan sekitarnya mengalami gangguan, hal tersebut terjadi akibat putusnya kabel optik bawah laut yang berjarak sekitar 280 Km dari Merauke.

Akibat putusnya kabel optik itu, bukan hanya aktivitas masyarakat yang menggunakan internet saja yang terganggu, aktivitas pemerintahan di Kabupaten Merauke terpaksa harus dijalankan dengan sistem offline.

Guna menjawab kapan jaringan internet di daerah itu akan kembali pulih, Bupati Merauke Romanus Mbaraka mengku bahwa dirinya sudah berkomunikadi dengan Managemen Telkom Papua.

Kata Bupati Romanus, saat ini Telkom tengah berupaya untuk memperbaiki gangguan yang saat ini sedang terjadi.

“Kalau tidak ada hambatan, jaringan di Merauke dan sekitarnya akan pulih antara tanggal 3-5 Mei,” kata Bupati Romanus kepada wartawan di kantornya, Senin, 4 April 2022.

Bupati Romanus menjelaskan, akan dilakukan perbaikan dengan kapal khusus. Saat ini kapal itu masih di Jepang dan nanti akan bergeser ke ke Singapura. Selanjutnya berlayar ke Tanjung Salak melakukan perbaikan kabel optik yang mengalami gangguan.

“Jadi, setelah kapal itu  tiba di titik tersebut di Tanjung Salak Kimaam, langsung melakukan perbaikan, sehingga dapat dipastikan antara tanggal 3 atau 5 Mei baru jaringan normal kembali,” ujarnya.

Ditambahkan, meski mengalami gangguan jaringan, namun ada beberapa tower dan visat yang bisa digunakan, sekaligus ditambah kapasitasnya agar masyarakat bisa mengakses internet.

Beberapa kantor menggunakan visat dan tower, lalu telah ditambah kapasitasnya sehingga internet masih dapat dilakukan walaupun  mengunduh gambar agak  sulit,” imbuhnya. (ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *